Smart Shortcut atau Pintasan Cerdas



Jalan Ninja, tentu sebagian kita mengenal dengan baik istilah itu. Nah, dalam segment update teknologi kali ini di rahmatnugraha.NET kita akan share tentang Jalan Ninja atau Smart Shortcut atau Pintasan Cerdas yang bisa kita gunakan dalam pengetikan di aplikasi microsoft office word.

Keyboard Shortcut atau Pintasan Keyboad.
Dalam dunia teknologi khususnya yang berbau komputer, tentu alat input mekanik utama adalah mouse dan keyboard. setelah itu diproses oleh CPU (Central Processing Unit) sebagai otaknya dan ditampilkan di layar monitor sebagai output dan bisa juga di print sehingga outputnya bersifat eksterinsik.

Ngomong-ngomong tentang keyboard, tentu banyak pintasan yang sebenernya menurut sebagian kita merupakan hal yang baru. Nah dalam dunia komputasi, pintasan keyboard atau shortcut merupakan serangkaian satu atau beberapa tombol yang memanggil program perangkat lunak (software) untuk melakukan tindakan yang telah diprogram sebelumnya.

Tindakan shortcut ini dapat menjadi bagian dari fungsional standar sistem operasi atau program aplikasi, atau mungkin telah ditulis oleh pengguna dalam bahasa skrip (script).

Makna kata “Pintasan Keyboard” dapat bermacam-macam bergantung kepada produsen perangkat lunak (software). Misalnya, Microsoft membedakan Keyboard shortcut dari tombol shortcut (“mnemonik” di windows) dimana yang pertama terdiri dari kombinasi tombol yang digunakan untuk melakukan picu tindakan. dan yang terakhir mewakili huruf yang ditentukan dalam perintah menu atau tombol yang ketika ditekan bersamaan dengan Alt untuk mengaktifkan perintah pada saat input tindakan. Sedangkan “hotkey” pada windows adalah shortcut atau pintasan selusuh sistem yang selalu tersedia dalam semua konteks selama program bertanggung jawab untuk menjalankannya dan tidak ditangguhkan.

Nah, terus pada postingan ini maksudnya smart shortcut itu apa sih? Jadi pada kesempatan ini rahmatnugraha.NET akan mengulas tentang beberapa fungsi dari tombol-tombol keyboard untuk mengefisiensikan waktu saat melakukan kegiatan proses pengetikan di microsoft office word.

Word Shortcut Keys atau Kunci Pintasan untuk aplikasi MS. Word

1. Untuk melakukan seleksi seluruh kata angka atau huruf pada halaman bisa menggunakan dengan menekan tombol Ctrl+A yaitu menekan bersamaan tombol Ctrl dan tombol huruf A pada keyboard.

2. Untuk menebalkan huruf, kata atau angka bisa dengan menggunakan Ctrl+B pada huruf, kalimat, atau angka yang telah diseleksi/dipilih. Namun ketika Ctrl+B ini dilakukan pada saat kursor mouse ada pada sekumpulan kata, maka seluruh kata tersebut akan tebal.

3. Untuk menyalin (copy) dapat menggunakan shortcut Ctrl+C pada konten yang telah diseleksi. Ctrl+C ini biasanya temenan sama Ctrl+V yaitu untuk menempelkan (paste) konten yang tadi sudah disalin, atau bisa juga untuk menempelkan menggunakan fungsi shortcut Ctrl+Insert.

4. Pada saat bersamaan setelah kita membuka dokumen dan ingin membuka dokumen word baru, maka fungsi keyboard yang bisa digunakan untuk membuka dokumen baru adalah dengan menekan Ctrl+N secara sekilas huruf N ini mengindikasikan bahwa kita memberikan perintah untuk membuka new document (dokumen yang baru) yang masih blank (dokumen kosong).

5. Untuk membuka dokumen yang telah disimpan, maka komposisi tombol Ctrl+O tentu dapat membantu mempercepat instruksi kepada komputer untuk membuka dokumen yang kita ingin buka.

6. Saat ingin mencetak (print) dokumen, untuk membuka jendela cetak (print) maka shortcut Ctrl+P dapat digunakan langsung. Selanjutnya tinggak ikuti langkah-langkah selanjutnya.

7. Saat kita membaca dokumen word dan ingin mencari kata, angka atau kalimat tertentu pada dokumen, maka fungsi keyboard Ctrl+F adalah solusi untuk pencarian pada dokumen.

8. Saat mencantumkan istilah asing atau kata tertentu dan kita ingin memiringkan kata tersebut, maka gunakanlah Ctrl+I pada kata yang telah kita seleksi dan ingin untuk dimiringkan.

9. Keyword shortcut untuk menambahkan link adalah dengan Ctl+K. selanjutnya pilih apakah link akan merujuk ke eksisting file, dalam dokumen atau laman web, bahkan bisa alamat email.

10. Gunakan shortcut Ctrl+U untuk dapat menggarisbawahi kata/kalimat yang sebelumnya telah kita seleksi dan inginkan.

11. Nah ini nih, ketika kita kita ingin mengembalikan dokumen pada 1 langkah sebelumnya (Undo), maka gunakan Ctrl+Z. ketika Ctrl+Z ini di tekan bersamaan dan dilakukan sebanyak 3x contohnya, maka secara langsung kita telah mengembalikan dokumen pada 3 langkah sebelumnya.



12. Berbeda dengan Undo, ketika kita telah mengembalikan dokumen 1 langkah sebelumnya dan ingin mengembalikan ke 1 langkah ke semula, maka gunakan Ctrl+Y .

13. Gunakan Ctrl+G atau Ctrl+H untuk dapat membuka jendela pilihan untuk mencari (find) atau mengantikan (replace) konten yang telah ada dalam dokumen.

14. Berhubungan dengan paragraf yang telah dibentuk, fungsi short cut ini berguna banget. Diantaranya kita dapat meratakan alinea atau paragraf dengan shortcut Ctrl+J. Sementara untuk membuat paragraf sejajat ke kiri kita bisa menggunakan keyword shortcut Ctrl+L. Gunakan Ctrl+R untuk membuat paragraf rata kanan, dan Ctrl+E untuk membuat paragraf rata tengah. Oiya satu lagi, untuk membuat awal paragraf menjorok ke dalam dan lebih mendalam, dapat menggunakan shortcut Ctrl+M.

15. Untuk membuka jendela yang dapat menyesuaikan jenis huruf, ukuran huruf dan gaya huruf yang akan digunakan, dapat dilakukan dengan menggunakan shortcut Ctrl+D atau dengan Ctrl+Shift+F ditekan secara bersamaan.

16. Ketika ingin meningkatkan ukuran huruf +1, maka dapat menggunakan shortcut Ctrl+Shift+ > atau Ctrl+]. Sementara ketika ingin menurunkan ukuran huruf -1 (atau lebih kecil 1 ukuran), maka dapat menggunakan shortcut Ctrl+Shift+< atau Ctrl+[.

17. Apabila ingin menggerakan (move) kursor menjadi di awal kata atau sebelah kiri kata, maka dapat menggunakan shortcut Ctrl+ <—. berkebalikan dengan itu apabila ingin menempatkan kursor menjadi di sebelah kanan atau akhir kata, maka dapat dilakukan dengan shortcut Ctrl+—> atau menekan tombol Ctrl bersamaan dengan panah arah kanan pada keyboard. terus, panah arah atas bawah bisa digunakan apa dong, nah untuk Ctrl+panah atas dapat digunakan untuk menggerakan kursor ke awal paragraf, sementara Ctrl+panah arah bawah itu shortcut untuk menggerakan kursor ke akhir paragraf.

18. Menghapus kata. Untuk menghapus kata sebelah kanan kursor, kita dapat menggunakan shortcut Ctrl+Delete. sementara untuk menghapus kata sebelah kiri kursor dapat dilakukan dengan menekan Ctrl+Backspace

19. Menempatkan Kursor. Untuk menempatkan kursor di awal dokumen dapat dilakukan dengan menggunakan shortcut Ctrl+Home. Sementara untuk menempatkan kursor di akhir dokumen dapat dilakukan dengan short cut Ctrl+End.

20. Merubah kalimat atau kata ke huruf asal. Untuk merubah/ mereset atau menyetel ulang kalimat/kata/paragraf yang di-higligh atau telah diseleksi ke huruf asal dokumen dapat digunakan fungsi shortcut Ctrl+space.

21. Merubah kepala Text. Untuk merbuhan text ke Heading 1 document, gunakan shortcut Ctrl+Alt+1, ke Heading 2 dengan Crtl+Alt+2, dan ke Heading 3, dapat menggunakan Ctrl+Alt+3.

22. Untuk membuka jendela bantuan gunakan shortcut F1

23. Ketika kita mau membuat huruf menjadi kapital (uppercase), atau ingin mengubah menjadi lowercase (huruf kecil), atau bahkan variasi dari keduanya, maka shortcut Ctrl+F3 bisa digunakan untuk memcahkan kemauan kita.

24. Untuk mengulang yang telah dilakukan terakhir, maka gunakan F4

25. Ketika masih ragu ejaan yang benar dalam bahasa inggris, maka gunakanlah fungsi F7 pada area kata yang kita ingin cek ejaan (Spelling) yang benar.

26. Untuk menyimpan dokumen menjadi file dokumen baru (save as) bisa menggunakan shortcut keyboar F12.

27. Namun, ketika kita ingin menyimpan dokumen dan mengupdate dari dokumen sebelumnya dan menimpah dengan dokumen terakhir yang sedang dibuka, maka save ini bisa digunakan dengan 2 cara yaitu menekan Ctrl+S atau dengan Shift+F12.

28. Terakhir, ketika kita sudah menyimpan dokumen, dan selesai melakukan pengetikan pada ms office word, dan ingin menutup dokumen namun jendela word tetap masih ada, maka cara yang efektif untuk dilakukan dengan shortcut keyboard adalah menggunakan Ctrl+W.

Nah team, gimana? ternyata banyak juga ya smart shortcut keyboard yang sebenernya bisa mempercepat kinerja kita dalam hal pengetikan/edit kata dalam membuat tulisan di microsoft word ini.

Akhirnya, terima kasih telah membaca tulisan ini sampai akhir, semoga bermanfaat yaa. Nantikan tulisan-tulisan lainnya di RahmatNugraha.NET, dan sampai jumpa di kesempatan berikutnya, Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *