Memilih Tank Aquarium Air Laut



“Setiap hobi bukanlah hal yang murah. Karena setiap aktivitas hobi tentu memiliki label harga, waktu dan keseriusan” – rahmatnugraha.net

Sesuai judul artikel blog kali ini, saya akan sedikit curhat dan menyampaikan beberapa pertimbangan bagaimana saya Memilih Tank Aquarium Air Laut minimalis yang saya miliki.

Memiliki hobi aquarium air laut adalah hobi yang mahal. Karena menurut saya yang saat ini sudah menekuni selama 5 bulan, ternyata hobi ini tidak berhenti satu waktu namun seperti prosesnya tetap berlanjut dari satu episode ke episode lainnya.

Nah, bagaimana Langkah-langkah menentukan ukuran aquarium air laut ini? Kira-kira beginilah ceritanya:

Pertama-tama saya diskusi dengan istri, gimana nih apakah boleh memelihara ikan laut di daratan? Haha, istri pun awalnya antara yakin dan gak yakin, namun melihat keindahan ikan, dan aquarium air laut dari beberapa postingan di Instagram dia pun oke dan membolehkan saya untuk memulai hobi ini.

Pada Minggu 3 Oktober 2020, saya dan istri bergegas untuk melihat secara real penampakan aquarium air laut yang diperjual belikan di Pasar Ikan Sumenep, Menteng Jakarta Pusat.

Kami melihat banyak sekali aquarium air laut yang bagus disana, dengan isi aquarium yang memang unik-unik dan sebelumnya belum pernah oleh saya dan istri lihat secara langsung, kami pun takjub dibuatnya.

Berbekal baca-baca artikel di website orang, forum, dan nyari info di social media, saya pun tidak serta merta membeli aquarium air laut yang sudah jadi. Karena harganya mahal gileee broo! Apalagi buat yang pertama kali tau kalo hobi aquarium air laut ini mahal, seperti saya bro, haha. Bener kata om stef job, Ternyata, gak ada yang gratis di dunia ini, wkwkw apalagi aquarium air laut yang bagus dengan segala isinya. Harganya dengan spesifikasi yang bagus bisa diatas 4 jutaan lebih.

Setelah melihat-lihat buat inspirasi aquarium air laut minimalis kita, saya dan istri keluar sementara dari pasar ikan Sumenep, Menteng. Kami selanjutnya diskusi dan berdebat di taman Lawang. Saat ini udah siang hari, matahari terik, mana suhu panas, ditambah dengan diskusi panas kita berdua.

Saya tadinya merekomendasikan ke istri kita beli aquarium air laut yang sudah jadi. Melihat dari beberapa produk yang dijual online, saya pun sebenernya sudah ada ancang-ancang ukuran aquarium air laut yang minimalis dan tinggal colok yaitu merek Advance Marine yang merupakan produk Kandila. Berikut adalah catatan saya tentang Advance Marine Kandila dengan 3 Model, yaitu:

Advance Marine 1 : memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi (cm): 24x24x28 serta volume 16 Liter dan flow rate of the pump 300 liter/ jam dan watt 9.72 w.

Advance Marine 2 : memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi (cm): 27.5×27.5×32 serta volume 24 Liter dan flow rate of the pump 300 liter/ jam dan watt 13.44 w.

Advance Marine 3 : memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi (cm): 31x31x36 serta volume 34 Liter dan flow rate of the pump 480 liter/ jam dan watt 16.44 w.

Sumber gambar: Tok*ped*a dengan penyesuaian

Advance Marine Merk Kandila ini memang menjadi sorotan karena saya melihatnya simple, tinggal colok, made in USA juga, kan sekilas tidak bisa diragukan. Bahkan kalo lihat infonya pada kemasan: Sudah terdapat Skimmer, Air Pump/Cek Valve, Lampu dan Filter. Adapun keistimewaan yang dihadirkan oleh kandila untuk advance marine ini, berikut adalah yang tertulis pada kemasan produk:

1. Protein Skimmer mini yang dapat dilepas untuk kualitas air yang unggul (superior).

2. Spesial diperuntukan aquarium air laut

3. Kaca tahan lama dengan peningkatan ketahanan terhadap goresan

4. Konsumsi energi yang rendah

5. Dilengkapi system pintar pada filter belakang

6. Lampu Clampign LED yang super terang (laut) untuk efek riak air yang menakjubkan

7. Menampilkan kandila LED baru yang memberikan rendering spektrum warna penuh.



8. Menciptakan kembali kondisi alam siang hari dan sinar bulan.

9. Memiliki sampul keras PETE yang bersih (untuk keamanan ikan dan tidak bisa dipecahkan).

Ketika diawal-awal melihat produk ini secara online, saya melihatnya udah minimalis banget secara produk, eetttsss tapi setelah saya lihat-lihat harganya mahilll gilee brooo, duh, pokoknya karena harga yang mahal saya pun kena cerocosan istri lagi haha.

Oke, diskusi saya dengan istri semakin memanas, ditengah panasnya suhu di taman lawang, mana disekitaran banyak sekali kendaraan yang diparkir. Istri saya jiwa kewanitaannya pun keluar, dimana tau kan kalo cewe biasanya pengen barang murah, tapi kualitas bagus, eeeaakk. Dia bilang yang penting murah, ukuran kecil juga gapapa yang penting ikan laut. Disini logika saya mencoba menolak haha. Ya kali ada barang murah kualitas bagus, kecuali emang produsesnnya mau sedekah buat pembelinya haha. Akhirnya otak saya putar-putar kemanapun lah dia. Saya mengajukan yaudah kita disini beli langsung aja tank atau aquarium air lautnya saja, tapi lampu saya mengajukan lampu yang saya pingin,  akhirnya kita Deal dengan Perjanjian Taman Lawang pada 26 Oktober 2020 untuk Aquarium Air Laut Minimalis haha.

Dengan diatas kepala banyak ide, kita berdua kembali ke pasar Ikan laut hias Sumenep. Di tempat jualan tank aquarium air laut kami pun sesekali diskusi mau yang ukuran berapa. Ini penting nih ya, jadi untuk memilih aquarium, kita harus tau ukuran meja/cabinet untuk penempatannya. Jangan sampai beli aquarium yang ukurannya tidak bisa tertopang oleh meja/kabinetnya.

Berbekal ukuran meja/cabinet saya berukuran panjang dan lebar 50×30 cm, akhirnya saya mencari ukuran aquarium dengan ukuran mendekati meja/cabinet saya.  Saat itu, ada 6 pilihan ukuran yang ditawarkan penjual dengan merk Kandila Super Clear Tank yaitu:

  1. Kandila Super Clear Tank Ukuran 33 (cm) untuk Panjang x lebar x tinggi = 33x22x25, dengan tebal kaca 5 cm dan volume 18 Liter.
  2. Kandila Super Clear Tank Ukuran 37 (cm) untuk Panjang x lebar x tinggi = 37x24x28, dengan tebal kaca 5 mm dan volume 24 Liter.
  3. Kandila Super Clear Tank Ukuran 40 (cm) untuk Panjang x lebar x tinggi = 40x26x30, dengan tebal kaca 5 mm dan volume 31 Liter.
  4. Kandila Super Clear Tank Ukuran 50 (cm) untuk Panjang x lebar x tinggi = 50x28x33, dengan tebal kaca 5 mm dan volume 46 Liter.
  5. Kandila Super Clear Tank  Ukuran 60 (cm) untuk Panjang x lebar x tinggi = 60x30x36, dengan tebal kaca 5 mm dan volume 64 Liter.
  6. Kandila Super Clear Tank  Ukuran 70 (cm) untuk Panjang x lebar x tinggi = 70x38x45, dengan tebal kaca 6 mm dan volume 119 Liter.

Selain tipe 6 jenis model kandila diatas, penjual juga menyediakan jasa dan pembuatan aquarium sesuai keinginan pembeli, tinggal nego dan sampaikan aja seperti apa aquarium yang kita mau.

Untuk jenis kaca Merk Kandila ini, sudah menggunakan crystal clear glass untuk bahan dasar pembuatan tank aquarium air lautnya.

Pilih kaca Aquarium Crystal Clear / kaca Biasa ??

Kaca aquarium yang direkomendasikan ke saya untuk dipilih sudah menggunakan kaca yang lebih bening. Kaca ini banyak dijual produsen aquarium karena lebih bening dari kaca biasanya.

Kaca yang lebih bening sering disebut juga crystal clear glass yaitu produk kaca super jernih dengan kadar besi yang rendah. Kaca ini di desain secara specific sehingga tampak lebih bersih dan elegan serta tingkat distorsi warna yang sangat rendah dan didukung oleh transmisi cahaya dan visual yang baik. Sehingga saat dilihat oleh mata langsung, warna benda/objek yang ada di dalam aquarium akan terlihat lebih enak dipandang.

Tingkat kejernihan bagai kristal ternyata diperoleh dengan mengurangi semaksimal mungkin kandungan besi pada saat produksi. Sehingga efek kehijauan yang biasa terdapat pada kaca polos atau kaca bening biasa pada umumnya menjadi hilang. Keistimewaan Kaca Aquarium Crystal Clear adalah selain tingkat kejernihan yang tinggi sehingga tampak visual yang maksimal, juga tingkat distorsi warna yang rendah jadi warna didalam akuarium akan lebih sesuai nyata nya dan menakjubkan.

Sehingga, memilih kaca yang bening atau optic clear / crystal clear menjadi pilihan yang tepat versi saya.

Namun, selain ukuran dan jenis kaca cristal clear, produk kandila ini juga memberikan pilihan antara Kaca Lengkung (Bending) atau Flat pada bagian depan aquarium. Saat menentukan ini juga saya dan istri diskusi Panjang kali lebar.

Pilih Kaca Aquarium Bending/ Flat??

Nah saat berdiskusi dengan istri, saya pun mengeluarkan catatan tentang perbedaan kaca Bending/Flat. Istri sih saat itu memiliki pertimbangan memilih kaca bending (lengkung) dibagian depan aquarium karena menurut istri penampakannya lebih elegan dan mewah.

Dari beberapa sumber yang saya dapat, ini adalah catatan yang saya jadikan pertimbangan kepada istri untuk memilih jenis kaca aquarium bending/Flat.

Tank Aquarium dengan bending adalah produk hasil pemprosesan kaca. Hasil proses bending kaca lengkung salah satunya dipakai pengaplikasiannya pada aquarium atau fish tank. Karena dengan proses melengkungkan kaca yang dipilih, kaca aquarium akan terlihat lebih mewah dan juga memberikan aksen geometris yang berbeda dibandingkan dengan kaca flat / tidak bending.

Tank Aquarium Air Laut Minimalis yang saya pilih!!

Akhirnya, melihat berbagai pertimbangan diatas, saya dan istri memilih Tank Aquarium Air Laut :  
Kandila Super Clear Tank  Bending Ukuran 40 (cm) dengan Panjang x lebar x tinggi (cm) = 40x26x30, dengan tebal kaca 5 mm dan volume 31 Liter.
Dengan pilihan ukuran tank aquarium ini, saya melihat penampilannya mewah dan menawan, harganya masih sesuai budget kita, juga meja yang dipakai untuk menempatkan aquarium masih memiliki bidang yang kosong.

Gambar: Tank Aquarium Air Laut yang saya pilih Setelah 5 bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *