Magic Chopper CH 200 | Matt’s Review



Salah satu peralatan dapur yang lagi hits dan pastinya jadi kesukaan emak-emak baik generasi lama maupun generasi muda adalah barang dapur ini. Yaitu Food Chopper. Gimana tidak coba, food chopper ini multi fungsi, tidak hanya dapat membuat jus, menghaluskan sayur, menggiling daging dan menghancurkan es tanpa air. Yang paling special juga, chopper ini dapat digunakan untuk untuk mencampur bahan adonan pembuatan kue. Oiya sebenernya Food Chopper itu dalam Bahasa Indonesia artinya Pelumat Makanan. Istilah Ini pun gue baru tau setelah membaca buku petunjuk magic chopper CH 200 setelah unboxing.

Eh udah nyerocos aja di artikel kali ini, belum nyapa team semua, mau nyapa dulu ahh, “Hallo team, Matt disini, disana siapa? Hehe. Sesuai cerocosan di awal, jadi pada artikel kali ini di rahmatnugraha.NET kita akan share artikel dengan judul Magic Chopper CH 200 pada segment Matt’s review.

Nah, lanjut sebelum membahas sampai detail Magic Chopper CH 200 ini, sekilas kita kilas pandang tentang produk ini. Produk ini sejatinya adalah pelengkap pendahulunya yaitu Mithociba Food Chopper CH 100, dan dikenalkanlah Mitochiba CH 200 yang dibranding sebagai “Magic Chopper”. Secara secara garis besar, kegunaan dan fungsi antara Mitochiba Food Chopper CH 200 dan Magic Chopper Mitochiba memiliki kesamaan, yaitu:

  1. Menghaluskan sayur dan buah untuk dijadikan jus atau smoothies. Bagi yang mau diet yang lagi proses diet dan menjalani hidup sehat, chopper ini wajib ada di dapur untuk dapat membantu menyajikan makanan sehat.
  2. Menghaluskan biji kedelai maupun almond untuk membuat susu kedelai dan/atau susu almond.
  3. Membuat saus sambal atau saus tomat sendiri.
  4. Menghancurkan bumbu-bmbu serta bahan-bahan masakan dengan cepat.
  5. Mencampur adonan halus untuk dipanggang menjadi pancake, waffle dan lainnya.
  6. Menggiling daging hingga halus seperti saus spaghetti, bakso, dll.
  7. Membuat sarapan bubur, cukup dengan blender secukupnya atau sesuai kebutuhan seberapa halus bubur yang diinginkan.

Jadi tentu setelah lihat kegunaan dari chopper merk mitochiba ini, pasti jadi kepikiran kan untuk membeli mithochiba chopper.

Perbedaan antara Food Chopper CH 100 VS Magic Chopper CH 200

Nah saat ini memang 2 jenis chopper ini bisa kita beli. Namun sebelum membeli, tentu kita harus tau dulu apa sih perbedaan antara Food Chopper CH 100 dan Magic Chopper CH 200. Nah, biar ada gambaran mari kita simak perbedaan yang paling mencoloknya yaitu:

Pertama, dari bentuk tampilan, Magic Chopper CH 200 lebih elegan, berbobot karena memang material lapisan body motor penggerak Magic Chopper CH 200 berasal dari stainless. Sementara Food Chopper CH 100 permukaan mesin masih berbahan plastic dan bentuk goblet besar (tabung chooper) lebih ramping disbanding Magic Chopper CH 200.

Kedua, secara kapasitias. Food Chopper CH 100 hanya dapat menampung maksimal 1,5 liter untuk goblet besar dan 700 ml untuk goblet kecil. Sementara Magic Chopper CH 200 daya tampungnya sampai 2 liter untuk goblet besar. Namun demikian kapasitas goblet kecil sama-sama dapat menampung 700 ml.

Ketiga, secara jumlah bilah pisau. Pada tabung besar (goblet besar), Food Chopper CH 100 hanya memiliki 2 pasang bilah pisau (Double blade) sedangkan  Magic Chopper CH 200 memiliki 3 pasang bilah pisau (triple blade). Tentu jumlah bilah pisau ini untuk mengimbangi daya tampung dari masing-masing chopper. Namun demikian untuk tabung kecil (goblet kecil), bilah pisau yang disisipkan sama-sama double blade (2 pasang bilah pisau).

Keempat, secara jumlah alat pengocok telor/mix cream. Pada Food Chopper CH 100, mitochiba hanya  menyisipkan 1 pengocok/mix telor dan cream dan itupun hanya dapat digunakan pada goblet besar. Nah, untuk Magic Chopper, Mitochiba memasang 2 pengocok telor dan itu dapat digunakan di masing-masing goblet baik goblet besar maupun goblet kecil.

Kelima, Mode Kecepatan. Pada Food Chopper CH 100 hanya memiliki 1 mode kecepatan (speed) sementara Magic Chopper CH 200 memiliki 2 varian speed (kecepatan) yang dapat kita pilih secara manual sesuai dengan keinginan.

Keenam, Tampilan Chopper. Jika dilihat lebih saksama, maka untuk warna yang ditawarkan pada Food Chopper CH 100 ada yang berwarna putih dan merah. Sementara untuk Magic Chopper CH 200 varian warna yang ditawarkan adalah wadah besar berwarna bening dengan anti slip dan mesin yang tentu dominan warna dan lapisan stainless dengan aksen warna hitam.

Ketujuh, Harga. Ya, harga memang menjadi pembeda juga antara Food Chopper dengan magic chopper ini. Harga Food Chopper CH 100 dibanderol kurleb Rp529K dan untuk Magic Chopper dibanderol Rp659K ya lebih mahal Rp7K.

Selain perbedaan yang disebutkan diatas, ada persamaan spesifikasi yang ditanamkan oleh produsen untuk food Chopper CH 100 dan Magic Chopper CH 200 yaitu keduanya membutuhkan daya 300 watt, dengan tegangan 220 C – 240V dan frekuensi 50/60 Hz. Adapun garansi sd 1 tahun.

Unboxing Magic Chopper CH 200

Jadi ceritanya, setelah beberapa waktu lalu gue dan istri diskusi, dan mempertimbangkan hal-hal sebagaimana yang diceritkan diatas, akhirnya kita 12 hari sebelum barang diterima kita Pre Order ke penjual toko online dan memutuskan untuk membeli Magic Chopper CH 200 dengan pertimbangan utama kapasitas dan harga tidak terlalu jauh juga bedanya.

Pada saat unboxing, didalam box magic chopper ada unit-unit yang akan kita dapatkan, antara lain: Mesin motor penggerak chopper (yang memiliki tombol on/off, tombol kecepatan, dan unit daya), wadah dan tutup Goblet besar (2 Liter), wadah dan tutup goblet kecil (0,7 L), pengocok telor dan krim untuk goblet besar dan kecil. Pisau pemotong untuk wadah 2 L (Triple Blade), Pisau Pemotong untuk wadah 0,7 Liter (Double Blade) dan ring karet anti slip untuk goblet besar.

Nah mau lihat seperti apa Matt unboxing Magic Chopper CH 200, team bisa lihat di youtube channel Rahmat Nugraha dengan judul video Unboxing Mitochiba Food Chopper CH 200 dan cara memasangnya yang telah di tayangkan per 23 Juni 2020.



Cara Menggunakan Magic Chopper CH 200

Setelah membaca buku petunjuk, cara menggunakan Magic Chopper perlu kehati-hatian, dan berikut adalah cara penggunaan yang telah gue rangkum.

Unit pisau memiliki dua bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah. Untuk memotong kasar gunakan pisau yang lebih rendah, sementara untuk memotong halus menggunakan kedua pisau Bersama. Ini juga akan memberikan hasil yang lebih cepat. Untuk menggunakan kedua bilah pasang bilah atas dan bilah bawah.

Sebelum memulai, pastikan pisau terpasang ke dalam goblet (wadah), sebelum selanjutnya ditambahkan bahan. Selanjutnya potong makanan menjadi potongan dan dapat ditempatkan ke dalam goblet. Potongan makanan yang lebih besar harus dipotong menjadi sekitar 1 hingga 2 cm. setelah bahan yang akan kita lumatkan telah didalam goblet, selanjutnya cocokan dan kita tutup wadah dengan tutup dan pastikan mengunci satu sama lain. Selanjutnya, hubungkan ke stop kontak tekan ke bawah tombol on/off dan tahan sampai dengan hasil yang diinginkan tercapai.

Ingat, bahwa memotong makanan yang keras seperti biji kopi, rempah-rempah, cokelat, atau es akan merusak mata pisau lebih cepat. Selain itu, jangan pernah menjalankan chopper (pelumat) makanan secara terus menerus lebih dari 30 menit. So, biarkan hingga dingin selama 2 menit di antara 30 untuk selanjutnya chopper dapat dijalankan Kembali. Dan perlu dicatet juga, untuk menghaluskan makanan, agar kapasitas jangan sampai melebihi kapasitas maksimal yang telah diatur atau mengisi di atas tingkat maksimal pada wadah.

Apabila ingin membuka wadah dan memindahkan hasil, pastikan magic chopper dalam keadaan tidak terhubung arus listrik sebelum tutup wadah dibuka. Dan pastikan juga jangan sampai letakkan bagian dari chopper dalam microwave.  

Apabila kita akan melumatkan/menghaluskan makanan, hasil terbaik akan diperoleh jika sebelum dilumatkan makanan dipotong-potong kecil terlebih dahulu. Perlu team ketahui, apabila wadah digunakan untuk menghaluskan rempah-rempah seperti cengkeh, dill dan biji jintan dapat memilki efek buruk pada magic chopper. Satu lagi sebelum memotong kacang-kacangan, rempah rempah, remah remah roti dll, pastikan bahwa makanan dan pisau. Wadah dan penutup yang benar-benar kering.

Perawatan dan Pembersihan Magic Chopper CH 200

Seperti dilansir pada buku petunjuk dari Magic Chopper, ada beberapa hal yang perlu diketahui sehubungan dengan perawatan dan pembersihannya.

Pertama, Selalu cabut Magic Chopper dari arus listrik sebelum dibersihkan

Kedua, pastikan saat menangani pisau (blade) dilakukan dengan sangat hati-hati karena bilah pisau sangat tajam.

Ketiga, beberapa makanan daapt mengubah warna dan plastic. Hal ini normal dan tidak ada merugikan plastic atau memengaruhi rasa makanan. Untuk menghilangkan perubahan warna perlu dilakukan menggosok dengan kain yang dicelupkan ke dalam minyak sayur.

Keempat, untuk perawatan tutup wadah gelas dan pisau untuk diperhatikan agar selalu memisahkan pisau atas dari pisau bawah dan berhati-hatilah karena pisau sangat tajam. Selanjutnya tutup, gelas dan pisau dapat dibersihkan dengan kain basah, lalu keringkan. Dan jangan merendam unit daya dalam air.

Kelima, untuk perawaran penutup/cup/pisau dilakukan dengan mencuci dengan tangan lalu keringkan. Atau penutup, cup dan pisau dapat dicuci di rak atas mesin cuci piring.

Keenam, Jika kabel rusak, maka harus diperbaiki, dan untuk alas an keamanan, digantikan oleh produsen atau service resmi. Dan jika team memerlukan bantuan; datanglah ke pelayanan atau service atau perbaikan.

Jadi, Pilih mana antara Food Chopper CH 100 atau Magic Chopper CH 200 ya?

Kalo ditanya seperti ini, tentu akan dikembalikan kepada kebutuhan masing-masing. Apabila team membutuhkan pelumat (chopper) yang bisa menampung banyak kapasitas dan kecepatan bisa di pilih, Maka Magic Chopper 200 tentu bisa jadi pilihan. Namun, kalo sehari-hari dalam membuat makanan merasa hanya porsi sedang atau cenderung sedikit, dan kapasitas 1,5 L dapat memenuhi kebutuhan, maka gak ada salahnya juga menentukan pilihan untuk membeli Chopper CH 100. Dan pada intinya pilihlah yang sesuai dapat memenuhi kebutuhan.

Alhamdulillah, akhirnya, kita telah dipenghujung artikel dengan judul: Magic Chopper CH 200 di Rahmat Nugraha.NET. Terima kasih telah membaca artikel sampai akhir ya team, semoga bermanfaat. Nantikan artikel menarik lainnya, . . . Salam, adios permios, . . Bye Bye,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *