Memulai Hobby Aquarium Air Laut



Di tengah PSBB, tentu saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dibanding di luar rumah. Nah dari hal ini lah akhir-akhir ini, kepincut sama hobby baru yaitu hobby Aquarium Air Laut. Banyak pertanyaan dan banyak harapan tentunya untuk memulai hobby ini. Apalagi setelah melihat aquarium air laut yang diposting sama teman-teman baik di youtube atau di Instagram, wih pokoknya bikin ngiler deh.

Dari sumber Reefs Forum, ada sebuah analogi yang bagus:

Seorang yang mulai tertarik memelihara aquarium laut, sebut saja Tuan X, yang tertarik untuk memulai hobi akuarium laut,dan ingin mencoba memelihara akuarium laut. Dengan segera ia membeli akuarium beserta peralatannya, lalu membeli air laut, dan ikan laut dan terumbu karang nya. Sampai di rumah pun ia segera mengisi akuarium tersebut dengan karang-karang yang disusun sedemikian rupa, lalu mengisi airnya. Esoknya, ia segera membeli ikan laut beserta beberapa terumbu karang (atau disebut juga koral). Yang dibeli pun cantik-cantik. Seekor anemon, karang otak, cacing kipas, karang babut, dan berbagai ikan seperti ikan badut, angel hitam, kepe-kepe, keling asli. Semuanya langsung dimasukkan begitu sampai di rumah. Esok harinya ikan tersebut tampak sehat semua. Tetapi, mulai hari ke tiga dan seterusnya, satu per satu spesies yang dibelinya mati. Ia pun heran, kenapa terjadi seperti itu. Ia pun mulai bertanya-tanya dengan para pedagang ikan laut. Jawaban yang diperoleh sungguh beragam , mulai dari terlalu sering memasukkan tangan ke akuarium, air yang dipakai jelek, ikan yang dicampur terlalu banyak. Pedagang pedagang tersebut lalu mulai menawarkan peralatan ini-itu kepada Tuan X tersebut. Hingga akhirnya Tuan X tersebut mencoba lagi men-set up akuariumnya. Tapi berakhir dengan hal yang sama, satu per satu spesies laut yg dibelinya mati. Apakah anda mau hal ini terjadi pada anda?

So, untuk membuat Aquarium Air Laut memang tidak bisa sembarangan, karena gak bisa langsung set up beli akuarium, air laut, karang, ikan, koral, lalu masukan semuanya begitu aja. Perlu pertimbangan yang masak, mencari informasi dari berbagai forum dan menggali info dari media sosial, serta dari literatur-literatur bila dimungkinkan. Nah, setelah dirasa dasarnya udah ada dan peralatan pendukung dan inti disiapikan baru deh bisa memulai dan memelihara aquarium air laut.

Seiring dengan itu semua, berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai hobby aquarium air laut hasil rangkuman rahmatnugraha.net dari berbagai sumber:

1. Perkaya Ilmu Tentang Aquarium Air Laut

Tentu ilmu adalah landasan fondasi untuk memulai ini semua. Karena tanpa ilmu, nantinya malah habis uang banyak, frustasi ataupun bisa juga ditipu sama pedagang. So, untuk memperkaya ilmu tentu kita harus banyak belajar, mulai dari dasar dasar ilmu aquarium air laut, ilmu tentang sifat-sifat reef, penggunaan alat pendukung yang tepat dan berkualitas, menjaga kualitas air dalam aquarium air laut, serta hal-hal untuk mengatur dan membentuk komposisi serta layout dari isian aquarium air laut baik ikan maupun terumbu karang.

Untuk memperkaya ilmu, perlu lebih banyak berjuangan dengan membaca dan mencari informasi dari berbagai sumber baik dari internet (melalui youtube, facebook, atau laman lainnya) serta dari buku, agar hobby ini dapat bertahan berkelanjutan, dan kita sebagai penggiat hobby ini juga selalu tetap senang, riang, gembira.



2. Milikilah Aquarium Air Laut Impian

Ini juga menurut saya penting. Karena dengan adanya aquarium air laut impian, tentu itu menjadi goal yang akan dituju, dan secara tidak sadar kita mengikuti polanya. Walaupun dalam prosesnya berbeda tapi dengan adanya Aquarium Air Laut impian, ilmu dari Aquarium Air Laut Impian juga secara garis besar yang dilakukan oleh pemilik dari Aquarium Air Laut Impian dapat ditiru dan dipraktekan untuk aquarium kita walau dengan cara dan alat yang berbeda.

3. Perencanaan Keuangan (Budgeting)

Untuk dapat membangun aquarium air laut memang tidak gratis. Oleh karenanya harus disiapkan perencanaan keuangan. Rata-rata investasi yang besar memang diperlukan pada saat pertama kali terjun ke hobby ini. Jika kamu ngerasa dan berpikir tidak mau menginvestasikan peralatan yang memadai untuk persiapan membangun aquarium air laut ini, jangan pernah memulai untuk memilih hobby ini. Mending cari hobby yang lain ya. Karena untuk memulai Aquarium air laut ini, harus dipersiapkan keuangan untuk memiliki akuarium atau tank yang sesuai keinginan kita, lalu memiliki system lampu yang tepat, system filter yang tepat, alat pembuat gelombang, dan peralatan lainnya, tentu sebelum membeli ikan ataupun koral.

4. Luangkan Waktu untuk Hobby ini.

Sebenarnya gak hanya hobby ini aja seeh, hobby lain juga memang akan menghabiskan waktu, jadi memang perlu meluangkan waktu. Untuk aquarium laut, tentunya kita perlu meluangkan waktu dari aktivitas rutin kita baik itu untuk membeli peralatan-peralatan aquarium air laut, waktu untuk mengisi tank, waktu untuk melakukan penggantian air laut, dan waktu untuk memberi makan ikan.

5. Kesabaran

Setelah ngubek-ngubek baik dari forum reef, forum aquarium air laut, dan halaman internet lainnya, rata-rata dominan saya temui kunci utama untuk hobby ini adalah kesabaran. Kesabaran ini termasuk didalamnya sabar dalam memahami terlebih dahulu sifat-sifat alami reef, mengumpulkan dulu alat yang dibutuhkan untuk mendukung aquarium air laut, pemilihan biota yang akan diperlihara, merencanakan system filtrasi, menjalani nitrogen cycle atau proses cycling, juga tak kalah penting sabar saat mendengar omelan pasangan/orang terdekat karena mereka gak sepenuhnya mengerti juga tentang aquarium air laut wkwkw, jadi tetap Sabar ya!! Karena itulah caranya agar tetap sabar!! Hehe

Oke team, sekian dulu tulisan sekaligus curhat tentang persiapan memulai Hobby Aquarium Air Laut. Terima kasih telah membaca tulisan ini sampai akhir, nantikan update tulisan lainnya di Rahmat Nugraha.NET. terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *