Resep Praktis membuat Dalgona Kopi Versi Mila Kitchen



Hallo Team
Kembali lagi di rahmatnugraha.net. Mattew disini, disana siapa?

Kali ini sangat spesial karena beda dengan biasanya. Untuk pertama kalinya kita akan tempur dan memperkenalkan Segmen Mila Kitchen selanjutnya akan kita sebut MIKI. Jadi pada postingan ini mattew and mila mau bikin sesuatu yang lagi hitz dan viral banget di sosmed, yaitu Dalgona Kopi.

Mungkin team semua sudah tak aneh lagi dengan Dalgona Kopi. Secara nih ya, sudah banyak sekali orang-orang yang mencoba membuat si kopi hitz ini. Termasuk sekarang di Segmen Miki (Mila Kitchen). Mattew and Mila pun akan mencoba bikin Dalgona Kopi karena berawal dari rasa penasaran juga euy apa benar semudah itu membuat nya? Ckckck

Nah, dari pada lama-lama ngomong ngalur ngidul, sekarang kuy langsung aja kita lihat cara atau Resep Praktis membuat Dalgona Kopi versi Mila Kithen by Mattew and Mila.

Bahan-Bahan Dalgona Kopi

Jadi, pertama-tama bahan yang harus kita siapkan untuk membuat Resep Praktis adalah Bahan-Bahan untuk membuat Dalgona Kopi (untuk 2 porsi), yaitu:

  1. Serbuk Kopi. Bisa juga pake kopi sachet atau kopi instan, pilih yang minim ampas. . . (2 sendok makan) 
  2. Gula putih atau Gula Pasir . . (2 sendok makan)
  3. Air putih eh putih mah susu, yaa terserah air bening dahh . . (2 sendok makan)
  4. Susu. Nah ini baru air putih hahah. .mikir kan? (setengah gelas atau sesuai selera)
Gambar 1. Bahan dan Alat Dalgona Coffee (minus Gelas dan Susu ntar nyusul)

Setelah bahan Dalgona Kopi kita siapkan, sekarang mari lanjut kita ambil Alat-Alat untuk melengkapi pembuatan Dalgona Kopi!

Alat-Alat untuk membuat Dalgona Kopi

Pertama tama, kita siapkan dulu tempat untuk membuat Dalgona Kopi. Kita bisa pake wadah yang agak lebar biar mampu menampung bahan Dalgona Kopi yang akan dicampur dan saat  ngaduknya lebih enak lagi (ngadukkk braaay).

Kedua, kita siapkan sendok atau bisa juga menggunakan kocokan telor, atau mixer, ini alat untuk mencampur bahan berbeza sehingga bisa menyatu.



Ketiga, Siapkan Gunting/Pisau (jika diperlukan) ini untuk membuka Kopi dalam bentuk satchet.

Keempat, Siapkan Gelas Cantik untuk penyajian Dalgona Kopi.

Langkah-langkah Resep Praktis Pembuatan Dalgona Kopi

Setelah tadi kita sudah menyediakan Bahan dan Alat, mari  kita lanjut team ke langkah pembuatan Dalgona Kopi

  1. Masukan bahan yang telah disiapkan tadi: kali ini di Mila Kithcen, kita ambil 2 sendok serbuk kopi, 2 sendok gula dan 2 sendok air putih. Untuk mencampur kopi dan gula, kita juga bisa memilih memakai air hangat atau air es. Nah, kalo Mila Kitchen kita akan campurkan air hangat tujuannya biar kopi dan gula cepet larut. Catatan Penting: Kalo mau bikin Dalgona Kopi dalam sekala besar patokannya adalah bahan2 tadi perbandingan takarannya 1:1:1. Oke team, kita kembali ke meja!
  2. Ketika bahan sudah tercampur dan menyatu menjadi satu. Kita aduk-aduk terus bahan tersebut sampai si adonannya itu mengembang atau berubah menjadi foam atau adonan yang kaku. Karena kan sebelumnya adonannya cair kan. Sebenernya ada yang lebih praktis praktis dan cepat yaitu bisa menggunakan mixer, namun karena sekarang lagi program #DiRumahAja dan sekaligus olahraga tanggan, Mattew and Mila menggunakan sendok untuk mengaduknya. (Butuh waktu 10 s.d 25 menit untuk mengaduk pake sendok sambil rehat dikit dikit buka instagram, nanti kalo udah sesuai selera adonannya kocokan Dalgona Kopi bisa dihentikan).
  3. Nah nanti pada prosesnya akan ada perubahan baik dari segi warna dan tekstur adonan Dalgona Kopi. Ketika adonan/larutan kopi sudah berubah menjadi foam dan kaku. Jadi usahakan agar si adonanya itu mengembang atau kaku agar ketika di masukan ke dlm susu foam kopi gula tidak tenggelam. Kaya gini nih ibaratnya ye, Gak enak kan kalo Whattsaap aja tenggelam dan gak dibaca baca gebetan wkwakaka apalagi ini Dalgona Kopi ya kalo tenggelam, terus dikucek-kucek pake sendok jadinya kopi susu haha, itu mah tinggal beli aja di warkop tong.
  4. Mari kita siapkan gelas lalu kita tuangkan susu (sesuai selera yaa) ke dalam gelas cantik awas jangan sampe meleber susunya. Secukupnya aja.
  5. Setelah susu tertuang sesuai selera selanjutnya hasil Larutan/Adonan Dalgona Kopi yang sudah berbentuk foam kita tuangkan diatas susu. Hem, harus sedikit hati hati nih bagi gak belum berpengalaman jangan sampe blepotan di ujung gelasnya.
    Di Mila kithcen ini kita tidak menggunakan es. Sebenernya Dalgona Kopi ini juga bisa dicampur es batu (kalo mau) biar suegeeerr. Tapi pada kesempatan kali ini, Mattew and Mila ingin merasakan Dalgona Kopi ya kaya gini, karena susunya juga udah lama di kulkas, hehe
  6. Akhirnya, Dalgona Kopi siap disajikan, oiya agar tampilamnya makin cantik lagi dan makin mengundang selera, kita bisa tambahkan toping di atasnya, bisa dengan coklat bubuk, oreo, mari, atau apapun itu sesuai selera aja. Spesial pada postingan kali ini, Mattew and Mila menambahkan toping Choco Granula Pada Dalgona Kopi. Nah, makin tambah cantik aja.
Gambar Proses Perubahan Larutan/Adonan Campuran Kopi, Gula dan air pada Dalgona Kopi
Gambar Susu Fullcream untuk Dalgona Coffee
Proses Foam dituangkan untuk Dalgona Coffee

By the way, ada 1 info nih sekalian tips and trik juga, klo membuat Dalgona Kopi ini, harus dipastikan memakai kopi yang tidak ada ada ampasnya, karna klo ada ampasnya larutan kopi dan gula tidak bisa mengembang. Dan mana mungkin juga foam akan terbentuk.

Disisi lain, jika Team ndak suka dengan kopi atau ingin membuat Dalgona versi lain, kita pun bisa menggunakan bahan utama lainnya seperti coklat, matcha, susu bubuk dll. Tapi Kalo bahan bahan ini kita harus menggunakan tambahan bahan lain yaitu dengan pengembang kue. memang sih yaa yang sangat praktis Bikin Dalgona Kopi dari serbuk kopi, Selain tidak perlu memakai bahan pengembang, pastinya bikin hemat di kantong.

Gambar Dalgona Coffee sudah siap saji

Emmm udh gk sabar ni Mattew and Mila mau nyoba….. kita mau cicip dulu Dalgona Kopi nya yaaa team, ehmmm. . . Kalian jangan minta karena praktis dan mudah buatnya kok, selain itu kalo minta susah kita ngirimnya monmaaf.

Akhirnya, Terima kasih sudah membaca postingan Resep Praktis membuat Dalgona Kopi Versi Mila Kitchen di rahmatnugraha.net. Selamat mencoba Ya Team!! And See you Next post!! byee byee

Salam Hangat,
Mattew, Mila & Team, 2020

2 thoughts on “Resep Praktis membuat Dalgona Kopi Versi Mila Kitchen

  1. Ikhwan says:

    Pertama kali nyobain bikin dalgona dulu gagal total. Kopinya begitu dituang ke gelas langsung ambyar ke dasar gelas, nyampur sama susunya. Jadi kopi susu dah :))) Sebabnya kenapa ya bisa gitu, apa adukannya kurang kentel?

    • Matt says:

      Pastikan Susunya susu murni. Selanjutnya untuk dalgona harus menggunakan kopi yang kadarnya tinggi gak banyak ampas, pada dalgona ini, di mila kitchen kita pakai kopi n*sca*fe dengan perbandingan 1:1:1 antara kopi air dan gula, oiya sama perlu diaduknya sampai kopinya bentuknya seperti buih/busa. Mari coba lagi team 🤸‍♂️😎

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *