Membuat Dimsum Ayam Kulit Pangsit



Hallo, . . .Hallo, . . Team, Assalamualaikum,
Matt disini, disana siapa?

Alhamdulillah ya, udah weekend lagi. Dan di wiken kali ini Rahmat Nugraha.NET akan share artikel memasak di segmen mila kitchen tentang Membuat Dimsum Ayam Kulit Pangsit. Oiya selain artikel ini, buat yang masih penasaran dengan cara membuat dimsum bisa juga ditonton via video di youtube channel Rahmat Nugraha.

Nah, bahan-bahan untuk membuat dimsum ayam kulit pangsit itu apa aja sih? ini dia bahan yang harus disiapkan:

Daging Ayam Giling : 300 gram
Tepung Tapioka : 5 sendok makan (sdm)
Kulit pangsit 10 s.d 15 lembar
Bawang Putih 2 siung dan dihaluskan/ditumbuk
Bawang Daun 1 tangkai diiris-iris
Telor 1 butir
Minyak Wijen 2 sdm
Wortel 1 buah dan di iris-iris (sebagian untuk adonan, dan sebagian kecil untuk taburan toping)
Garam secukupnya atau 1/2 sdt
Lada secukupnya
Gula Pasir secukupnya
Penyedap rasa sesuai selera atau 3/4 sdt

Setelah bahan kita siapkan, selanjutnya kita akan mulai prosesnya.

1.Pembuatan Adonan Dimsum Ayam

Pertama-tama kita siapkan wadah untuk membuat adonan dimsum kulit pangsit, bisa menggunakan baskom.
Kita tuangkan kedalam wadah/baskom bahan bahan berikut: Daging ayam giling 300 gram, bawang putih 2 siuang yang telah dihaluskan, sebagian besar wortel yang telah diiris, dan irisan bawang daun, kemudian kita aduk enak sampai merata dan menyatu.

Lanjut tambahkan 5 sdm tepung tapioka (kalau gak mau terlalu kenyal takaran bisa dikurangi), Telor 1 butir, 2 sdm minyak wijen, lada secukupnya, gula secukupnya, garam 1/2 sdt, penyedap rasa 3/4 sdt, kemudian diaduk enak lagi sampai merata dan benar-benar membentuk adonan dimsum ayam yang sesuai dengan selera. Jangan lupa lakukan koreksi rasa pada tahap ini.

Sebenernya, selain dengan daging ayam giling, dimsum juga bisa menggunakan bahan dengan udang, daging sapi atau daging ikan yang telah dihaluskan.

Oke team, mari kita lanjut enak lagi. Setelah adonan dimsum menyatu dan merata, kita lanjut ke proses pembentukan Dimsum ayam dengan kulit pangsit.

2. Proses membentuk Dimsum Ayam Kulit Pangsit

Sebelum ditambahkan adonan dimsum, kulit pangsit harus dibentuk menjadi bentuk yang melingkar sehingga jadi bulet bulet dengan diameter 10 s.d 15 cm. Nah, setelah itu tuangkan adonan dimsum ke kulit pangsit lalu pake teknik lipatan kulit pangsit dengan menggunakan metode cubit-cubitan. Lipatan kulit pangsit yang telah diisi adonan bisa berkisar 10 s.d 15 lipatan per dimsumnya.

Lakukan berulang proses lipat melipat dan cubit mencubit untuk dimsum kulit pangsit ini sampai semua adonan dari wadah habis dan dimsum ayam kulit pangsit terbentuk semua.



3. Proses Kukus Dimsum Ayam Kulit Pangsit

Siapkan panci kukus untuk mengukus dimsum ayam kulit pangsit. Sebelum proses pengukusan, kita siapkan tempat kukus dimsum dan poles tempat kukus yang nantinya kita letakan dimsum dengan minyak/margarin hingga merata. agar rata sempurna, bisa menggunakan alat kuas.

Selanjutnya, kita letakan dan masukan dimsum ayam kulit pangsit kedalam panci kukus. Jadi nanti ditata dan disusun agar dimsum tidak tumpuk menumpuk. Nah biar tambah cantik dan makin menggugah selera, kita taburkan irisan kecil wortel diatas masing-masing dimsum ayam kulit pangsit. Makin cantik dan menambah selera aja nih dimsum.

Dengan bahan yang telah disebutkan diatas, Dimsum Ayam kulit pangsit ini dapat dinikmati untuk porsi 2 s.d 6 orang. Eittss kalo masih dirasa kurang, tentu bisa ditambah porsinya sesuai dengan komposisi perbadingan bahan seperti yang telah disebutkan.

Oke kita lanjut enak lagi proses kukusnya team,
Kita isi panci kukus dengan air, nyalakan kompor, dan didihkan air. Kemudian tunggu sampai air dalam panci mendidih.

Setelah air mendidih, lalu tempatkan kukusan panci yang telah diisi oleh dimsum ayam kulit pangsit diatas air mendidih. dan kita tutup rapat-rapat. Dimsum ayam kulit pangsit selanjutnya kita kukus selama 20 s.d 30 menit.

Setelah dikukus dan matang lalu kita buka tutup panci kukus dan kita angkat dimsum nya.

Eng . . .Ing . .Eng, . . . ini dia, Dimsum Ayam Kulit pangsit by Mila Kitchen kita siap untuk disajikan, gampang banget buatnya kan team.

Dimsum ayam kulit pangsit ini enak banget disajikan saat hangat, dinikmati bersama orang terkasih dan tersayang. selain itu bisa ditambahkan saos pedas kesukaan.

Akhirnya, udah beres bikin Dimsum Ayam Kulit Pangsit. Mari kita icip-icip enak dulu team. Mau?? boleh banget dicoba bikin di rumah juga ya hehe

Terima kasih telah membaca artikel ini sammpai akhir. Pokoknya jangan lupa untuk subscribe blog ini agar dapat update resep masakan enakan by mila kithen dan konten lainnya dari Rahmat Nugraha.NET.

Thank you, dan sampai jumpa di artikel selanjunyaa. . . Daaahh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *