Cara Membuat Steak Daging Sapi di Rumah



Steak Daging Sapi, hemm, dengernya aja udah kebayang banget enaknya masakan yang satu ini. Eitss apalagi sebentar lagi kita akan menuju hari raya Idul Adha, tentu banyak daging juga nih. Ngarep bae hehe. Jadi untuk siap siap menyajikan daging sapi salah satunya bisa diolah dengan cara dibikin steak yang enak. Nah, pada artikel kali ini di rahmatnugraha.NET akan share tentang Cara membuat Steak Daging Sapi di Rumah.

Beef Steak

Beef Steak atau orang-orang di sekitar kita banyak menyebutnya bifstik adalah makanan olahan daging sapi. Secara prosesnya, cara membuat steak daging sapi atau bifstik ini adalah dengan memanggang /membakar daging sapi yang telah dipotong dan memiliki ketebalan tertentu dan memprosesnya sampai pada kematangan sesuai selera serta disajikan dengan mix vegetable, sauce dan kentang yang direbus atau digoreng. Pada prosesnya tidak lupa untuk ditambahkan bumbu dan rempah sehingga citarasa steak semakin menggugah lidah penikmatnya. Nah mau tau cara membuat steak daging sapi di rumah by mila kitchen kan team, mari kita simak Bersama di RahmatNugraha.NET.

Cara dan Resep Membuat Steak Daging Sapi

Dalam membuat Steak Daging sapi untuk 2 porsi, kita siapkan 2 ukuran sedang daging sapi yang telah dipotong dengan ketebalan sedang dengan berat masing-masing 250 gram (steak daging bisa dipilih sesuai selera, apakah itu steak daging sirloin, tenderloin, ribe eye, atau yang paling bagus daging sapi wagyu). Di Mila kitchen kita menggunakan US Beef Sirloin dari salah satu importir daging sapi ternama di Indonesia. Nah untuk bahan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Kentang (rebus dan kemudian dipotong, namun bisa diolah dengan digoreng atau di bikin mashed potato) sebanyak 2 buah
  • Mix vegetable yang terdiri dari wortel, buncis, jagung manis dan polong bandi (sesuai selera)
  • Asparagus 6 batang
  • Mentega/butter 3 sdm.

Selain bahan- bahan diatas, kita juga siapkan bumbu-bumbu dan rempah.

Bumbu dan rempah untuk membuat Steak Daging Sapi

  • Bawang putih 5 siung
  • Daun rosemary kering 1 sdm
  • Daun oregano kering 1 sdm
  • Black paper/ Lada hitam bubuk 1 sdt
  • Garam 0,5 sdt.
  • Penyedap rasa 0,5 sdt.

Proses Memanggang Steak Daging Sapi

Proses pertama, kita siapkan daging atau kalo sebelumnya dagingnya masih beku, biarkan daging kembali pada tekstur alaminya dan kembali ke suhu normal.

Selanjutnya, taburkan garam, lada hitam bubuk,  daun rosemary kering dan daun oregano kering ke setiap permukaan steak daging sampai semua permukaan merata oleh bumbu dan rempah. Biarkan daging sapi yang telah dilumuri bumbu dan rempah selama kurang lebih 30 menit dan melakukan proses marinasi.

Nah, karena kita sedang menunggu bumbu dan rempah meresap ke dalam steak daging, kita bisa mulai proses untuk merebus kentang, kalo merebus kentang kayaknya gak akan kita bahas detail disini ya team, gue yakin lah, team semua udah bisa lah perihal rebus-merebus.

Setelah 30 menit dilalui, lanjut ke proses pemanggangan steak daging sapi. Letakan wajan panggang (Grill Pan) untuk memanggang steak daging di atas kompor. Nyalakan kompor dan panaskan Grill Pan sambil kita oleskan margarin di permukaan wajan secara merata. Setelah Grill Pan Panas merata, selanjutnya letakkan daging sapi ke atas Grill Pan, dan kita panggang sesuai selera.



Melansir salah satu resto steak di jakarta, untuk mendapatkan tingkat kematangan Steak daging yang diinginkan, berikut adalah waktu pemanggangan untuk masing-masing sisi permukaan steak daging dengan menggunakan Grill Pan dengan catatan menggunakan api sedang. Sekilas memang 3 tingkat kematangan steak ini sangat popular dikalangan masyarakat Indonesia.

Steak Daging dengan tingkat kematangan Medium:

Untuk menghasilkan tingkat kematangan Steak Daging Medium, waktu yang diperlukan adalah 1,5 menit pemanggangan untuk setiap sisi permukaan steak daging, jadi kurang lebih kalo permukaan itu 4 sisi, maka butuh waktu 6 menit untuk proses pemanggangannya.

Steak Daging dengan tingkat kematangan Medium Well:

Untuk menghasilkan tingkat kematangan Steak Daging Medium Well, waktu yang diperlukan adalah 2 menit pemanggangan untuk setiap sisi permukaan steak daging, jadi kurang lebih kalo permukaan itu 4 sisi, maka butuh waktu 8 menit untuk proses pemanggangannya.

Steak Daging dengan tingkat kematangan Well Done:

Untuk menghasilkan tingkat kematangan Steak Daging Well Done, waktu yang diperlukan adalah 3 menit pemanggangan untuk setiap sisi permukaan steak daging, jadi kurang lebih kalo permukaan itu 4 sisi, maka butuh waktu 12 menit untuk proses pemanggangannya.

Sebenernya, selain 3 tingkat kematangan steak ini, ada juga tingkat kematangan steak lainnya nih team. Kira-kira kamu suka yang tingkat kematangan steak yang mana nih??


Yang spesial di Mila kitchen, pada saat pertengahan pemanggangan, kita menambahkan butter/mentega, bawang putih yang telah di memarkan, dan rempah daun rosemary dan daun oregano kering. Sehingga campuran ini nantinya yang akan kita lumurkan ke steak daging pada proses pemanggangan selanjutnya. Citarasa daun rosemary dan daun oregano ini memang sekaligus menguatkan citarasa steak daging yang dibuat. Lakukan proses penyiraman larutan butter dan rempah ke permukaan steak sehingga memang bumbu dan rempah dapat meresap sampai kesetiap celah steak yang sedang dipanggang. So Pasti, dengan melakukan proses ini, rempah dan bumbu membuat steak daging memiliki rasa enak yang merata dan tingkat empuk yang sempurnaaa.

Setelah steak daging yang kita panggang telah memiliki tingkat kematangan yang diinginkan, selanjutnya kita angkat dari Grill Pan, dan bisa disajikan di piring saji.

Sambil menunggu panas steak Daging sapi berkurang, sisa bumbu yang tadi dipakai untuk memanggang steak daging bisa kita gunakan untuk memasak mix vegetable dan asparagus, setelah sebelumnya kita tambahkan 1 siung bawang putih yang telah dimemarkan. Tumis mix vegetable jangan telalu lama, cukup sampai semua bahan merata dengan bumbu dan tambahkan penyedap rasa jika dirasa perlu. Setelah selesai menumis mix vegetable, selanjutnya tuangkan juga mix vegetable ke tempat penyajian. Begitu pun dengan memasak asparagus, caranya hamper mirip dengan memasak mix vegetable.

Sajian Cara Membuat Steak Daging Sapi di Rumah

Dan Taram . . . . Steak Daging Sapi yang dibuat di Rumah sudah siap dihidangkan. Steak Daging ini bisa disajikan dengan beraneka sauce steak. Bisa pakai sauce blackpaper, sauce barbeque maupun sauce mushroom. Setelah dicobain, wuenaakk poll team ini steak daging by Mila Kitchen ini, pas makan jadi kepikirian lain waktu kalo lagi kepingin steak, dan kondisi masih transisi korona seperti ini mending bikin steak di Rumah lagi aja, hehe.

Oke Team, Pokok e, terima kasih telah membaca artikel Membuat Steak Daging di Rumah di RahmatNugraha.Net sampai akhir. oya kalo mau lebih jelas dalam format video, boleh ditonton di youtube channel rahmat nugraha ya. Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba di Rumah yaaa!!! Salam Enak dan Enjoyy!! Daaahh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *