Odading



“ODADING MANG OLEH,
EMMM . .. RASANYA SEPERTI ANDA MENJADI IRON MAN
BELILAH ODADING MANG OLEH DI DIEU.
KERENA LAMUN TEU NGADAHAR ODADING MANG OLEH
MANEH TEU GAUL JEUNG AING LAIN BALAD AING, GOBL*K
IKAN HIU MAKAN TOMAT G*BLOK MUN TEU KADIEU
ODADING MANG OLEH, RASANYA, ANJI*G BANGET”

Kalo di translasikan ke Bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini:

“ODADING MANG OLEH
EMMM. . . RASANYA SEPERTI ANDA MENJADI IRON MAN
BELILAH ODADING MANG OLEH DI SINI
KARENA KALO ENGGAK MAKAN ODADING MANG OLEH
KAMU ENGGAK GAUL SAMA SAYA BUKAN TEMAN DEKAT SAYA, GOB*OK
IKAN HIU MAKAN TOMAT, GOBLO* KALAU TIDAK KE SINI
ODADING MANG OLEH, RASANYA, ANJ*NG BANGET!”

Ucapan dan nada ngegas mang soleh atau mang oleh, seorang penjual odading di sekitaran kosambi bandung, akhir akhir ini trending di twitter. Sebenernya apa itu odading?

Dikutip dari halaman pikiran rakyat, Odading adalah makanan atau cemilan roti yang memiliki rasa manis dan sangat nikmat jika dikonsumsi ditemani dengan teh atau kopi, apalagi nikmatin odading bersama orang terkasih duh, juara pisan pokoknya mah (team).
Dulu matt makan odading biasanya sebelum berangkat ke sekolah sebagai sarapan, bahkan saat kuliah pun kadang ada juga yang jualan odading di sekitaran kampus. Beberapa odading yang dijual pedagang juga ada yang menambahkan isian coklat didalamnya, duh pokoknya mah lumer di mulut walaupun coklatnya gak banyak banyak amat. Nah usut punya usut,
Bahan utama membuat odading adalah soda kue, pemanis, gula, tepung terigu, mentega dan pengembang.

Setelah lihat dari beberapa postingan di beberapa media sosial, konon sejarahnya mengapa ada namanya makanan odading seperti ini nih team:

Konon, dahulu kala, waktu jaman penjajahan, seorang ibu bersama anak keturunan belanda lewat menelusuri jalan.
Ditengah perjalanan, si anak itu melihat ada yang jual makanan. Eh, si anak itu minta dibelikan makanan/kue itu. Sebenarnya si anak gak tau nama makanan/kue yang dijual pedagang. Si ibu dan anak kemudian menghampiri penjual makanan/kue itu.
Si anak hanya mengarahkan telunjuk ke makanan yang dijual pedagang. Si ibu langsung bilang: “ooo, . . dat ding” ngomong dalam Bahasa belanda. ooo… dat ding (Dutch) dalam Bahasa inggris (English) berarti  “oooo that thing” atau dalam  Bahasa Indonesia “ooo yang itu”.
Kemudian si anak pun mengangguk dan makanan pun diberikan ke si anak dan ibunya membayar dengan uang. Nah sejak saat itulah kue yang dibeli anak itu sama penjual dinamain odading wkwkwk.
*konon ceunah.

Apa perbedaan Odading dengan Cakwe??

Bisa dibilang diantara kita ada yang ngerasa kalo Odading dengan cakwe itu sama, tul gak? Eits tapi entar dulu. Odading dan Cakwe itu beda lohh team.

Odading bentuknya kotak terus ada rasa coklat atau bahkan ditambah wijen. Kalo cakwe bentuknya panjang dan dicocol pake saos cair.

Memang ada juga sebenernya cakwe berbentuk kotak, namun biasanya yang berbentuk kotak itu rasanya manis. Nah kalo ngerasa cakwe kotak memiliki rasa manis, itu sebenernya sama aja dengan kue bantal alias odading odading juga, hehe.



Nama Lain Odading di beberapa daerah lainnya di Indonesia

Buat yang ngerasa odading itu kok di tempat saya gak ada ya? Nah kita mari sama-sama simak sebenernya makanan berbahan utama dan rasa seperti odading mang oleh yang berasal dari bandung itu di beberapa daerah Indonesia ternyata memiliki penamaan yang berbeda-beda looh team.

Di Medan, makanan yang mirip atau bahkan disangka odading ini dikenal dengan nama kue boong atau kue bohong, Sebagian orang berpikir dan menyebutnya kue boong ternyata alasannya karena kue ini agak gembung, tapi isinya gak ada.

sumber: google images

Buat yang tinggal di ibukota, ketika melihat odading pasti langsung mikir kue bantal. Nah Kue Bantal Jakarta itu banyak kesamaan dengan odading bandung tea, bahkan pasti sebagian besar yang udah merasakan bentuk dan rasanya akan menyebutnya kue bantal sama dengan odading.

Kalo team tinggal di Cepu, Blora, Madiun, Jawa timur, Surabaya, Ngawi, Banyumas, makanan semacam odading bandung ini dikenal dengan sebutan Golang Galing.

Sebagian besar masyarakat Kalimantan, termasuk Banjarmanis odading di daerah ini dikenal dengan nama Kue “untuk” alias kue untuk.

Terus saya tinggalnya di Riau nih matt, Nah kalo di riau Odading bandung ini memiliki kemiripan dan hampir sama dengan makanan yang dikenal dengan nama Cakwe bantal.

Mana nih team, orang Jogja, Semarang, Cirebon, buat team yang tinggal di daerah ini otomatis lihat Odading ini jadi keinget Bolang-Baling kan? Yups betul, Odading ini sama dengan Bolang Baling. Namun Sebagian Jogja lainnya kadang menyebutnya Galundeng.

Buat masyarakat Magelang, makanan odading ini sama dengan makanan Gondang Gandung. Tapi buat masyarakat daerah Malang, Ketika melihat odading pasti mempersamakannya dengan makanan yang Namanya Roti Goreng.

Buat masyarakat Indonesia pada umumnya odading lebih dikenal dengan roti goreng atau kue bantal. Memang odading ini lucu kalo ditilik lebih dalam. Makanan yang masih eksis berjuangan ditengah persaingan makanan-makanan cepat saji saat ini.

Nah mungkin di daerah kamu ada panggilan lainnya untuk makanan seperti odading? Silahkan ditambahkan dikolom komentar ya team.
Hemm. . .yang jelas boleh lah matt di traktir odading dong!! hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *