5 Alasan Memilih Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur!



Layaknya kamu memilih calon istri nih sob, Pemerintah pun punya Alasan kenapa memilih Ibu Kota di Kalimantan Timur.

Di Istana Negara, Jakarta pada siang hari ini, Senin 26 Agustus 2019, Presiden RI berujar bahwa Lokasi Ibu Kota baru yang paling ideal (untuk Indonesia) adalah sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanaegara Provinsi Kalimantan Timur.

Kalau kita kembali mengingat ingat pelajaran Geografi, maka selain batu-batuan, wilayah, kita juga pasti inget mengenai peta Indonesia dan Dunia.

Dulu saya juga inget banget berusaha membuat peta Indonesia, pasti yang paling susah itu adalah menggambar pulah sulawesi dan maluku, dan papua barat, betul tidak? kalo menggambar pulau kalimantan sih ya gampang gampang susah juga heuheu.

Kalo kita lihat peta indonesia dan kita menarik garis diagonal, horizontal dan vertikal, pasti titik tengahnya ada di Kalimantan.

Tapi titik tengah perjuangan, tentunya ada di pulau jawa, karena apa? karena orang tua saya berjuang melahirkan saya di pulau ini, pulau. . . jawa.

Setelah mendengar tadi pengumuman bakal calon Ibu Kota Indonesia Baru yang dibewarakan oleh Presiden RI, berikut ini rahmatnugraha.net merangkum 5 Alasan (Pemerintah) memilih Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur,

1. Risiko Bencana Minimal

Pemerintah berpandangan bahwa risiko bencana minimal, baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapa dan tanah longsor.



2. Lokasi di tengah-tengah

Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentang dari sabang sampai merauke. sejalan dengan itu, Pemerintah menyampaikan bahwa dengan memilih Kalimantan Timur, Lokasi Ibu Kota nantinya merupakan lokasi yang sangat strategis dan berada di tengah-tengah negara Indonesia.

3. Berdekatan dengan Wilayah perkotaan yang sudah berkembang

Lokasi Ibu Kota baru Indonesia yang di gadang-gadangkan di Kalimantan Timur memiliki jarak yang sangat berdekatan dengan wilayah perkotaan yang sudah berkembang yakni Balikpapan dan Samarinda.

4. Infrastruktur yang relatif lengkap.

Sampai dengan pengumuman tadi siang, pemerintah melihat bahwa alasan lainnya memilih ibu kota Negara baru adalah karena lokasi nantinya memiliki infrastruktur yang relatif lengkap.

5. Persediaan lahan

Terakhir atau kelima, Alasan memindahkan Ibu Kota baru ke Kalimantan timur, menurut presiden RI adalah karena pemerintah memiliki persediaan lahan yang dikuasai pemerintag seluas 180K Hektar.

Mudah-mudahan 5 alasan pemerintah yang dirangkum rahmatnugraha.net dapat berdampak kepada kebaikan Indonesia dan kemajuannya di masa depan ya sob! amin

Akhirnya, selamat membuat rencana baru nih sob dan muter muter otak lagi buat yang mau investasi rumah, mencari pekerjaan baru di ibu kota baru dan lain sebagainya akibat adanya pengumuman resmi pemindahan Ibu kota ini.

Haruskah kita ke Ibu Kota Baru di Kalimantan timur?? gimana sob??

Rahmat Nugraha

Start up - Entrepreneur. Muslim, Indonesian Millennial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *