Kenapa Harus Pindah Ibu Kota?



Hey Sob,

Hari ini kalian pada seneng gak sih saat presiden RI ngumumin kalo ibukota Indonesia bakal pindah dari Jakarta ke Ibukota baru?

Pada tau kan alasan kenapa Harus Pindah? ya karena belum bayar kontrakan (eh ini kalo ngontrak rumah ye!! ). Kalo Presiden sendiri dibantu kabinet kerjanya ternyata pemikiran untuk memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Ibu Kota bru ada beberapa hal yang menjadi pertimbangannya. Beberapa diantaranya ini nih sob.

Beban Jakarta saat ini sudah terlalu berat

Pak presiden menjelaskan bahwa yang menjadi dasar pindahnya Ibu Kota karena Jakarta bebannya sudah terlalu berat.

Ya bayangin aja, saat ini DKI jakarta katanya selain sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, Jakarta juga tidak kalah berat dengan bebannya sebagai pusat perdagangan dan pusat jasa.

150 juta jiwa penduduk/ 54% penduduk indonesia hidup di pulau Jawa



Pemerataan penduduk pun menjadi isu seksi disini. Beban pulau jawa yang semakin berat dengan penduduk sebanyak kurang lebih 150 juta jiwa atau 54% dari total penduduk Indonesia.

Nah, katanya pemerintah tidak bisa membiarkan beban jakarta dan pulau jawa yang semakin berat dalam hal kepadatan penduduk. Karena selain kepadatan, Kemacetan lalu lintas yang sudah terlanjur, polusi udara dan air yang harus ditangani, beban perekonomian yang besar kepada pulau jawa dan jakarta, nampaknya menjadi salah dua faktor pendukung semangat pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota.

Kata pemerintah sih Otonomi daerah telah dilakukan namun kesenjangan ekonomi terus meningkat antara Jawa dan luar jawa, tanya Kenapa????

Nah menurut kamu sob, ada gak alasan lainnya kenapa Ibu Kota Negara layak dan harus Pindah??

Kalo dilihat lihat di google maps, dari Ibu Kota sekarang DKI jakarta menuju ke calon Ibu Kota baru butuh waktu tempuh 2h 5j dengan menggunakan moda transportasi roda empat dan menggunakan kapal.

Kalo ngomongin jarak antara ibu kota indonesia saat ini dengan bakal calon Ibu Kota Indonesia seperti yang disebutin presiden RI, jaraknya berkisar kurang lebih 1.956 km sob! jauh ugha sangad yas! bisa bisa yang LDR jadi habis di ongkos!

Semoga pindahnya Ibu Kota Indonesia (kalo terjadi) tidak membuat kamu pinda ke lain hati ya sob! #eaa

Rahmat Nugraha

Start up - Entrepreneur. Muslim, Indonesian Millennial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *