Cek Fisik Bantuan di Samsat Jakarta Selatan

Hmm, Tak terasa ya, sudah saatnya motor kesayangan saya ini ulang Tahun yang ke-5, harus ganti plat nomor dan perpanjangan STNK 5 tahunan dong ya. Nah, pada tulisan kali ini saya akan share nih pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Jakarta Selatan

STNK dan plat nomor saya kan Bandung ya alias Plat D, jatuh tempo dan habis berlaku di tanggal 28 Juni 2021, sementara saya sekarang berdomisili di Jakarta Selatan dengan Plat B. Kemudian saya mencari referensi dong dari berbagai sumber mengenai perpanjangan STNK 5 tahunan ini, awalnya saya pikir harus mengirim motor kembali ke bandung untuk perpanjangan STNK 5 tahunan ini. Kebayang kan, harus motoran jarak jauh, mana situasi lagi PPKM Mikro, juga Jakarta dan bandung lagi dalam kondisi gak baik-baik saja akibat adanya wabah covid yang saat ini sangat berisiko. Kalaupun pake jasa penitipan kendaraan sayang juga uangnya ye kan, mending buat beli seblak dan bakso.

Nah, setelah menanyakan pihak keluarga di bandung, dapatlah info untuk perpanjangan STNK 5 tahunan ini. Untuk cek fisik bantuan rupanya bisa dilakukan di samsat terdekat domisili kita tinggal. Tinggal nanti hasil cek fisiknya dikirim ke Bandung dan nanti di Bandung akan dilakukan pembayaran untuk proses perpanjangan STNK 5 tahunan dan pembaharuan plat nomor.

Jadi misal buat yang lagi merantau seperti saya yang tinggal di Jakarta selatan, terus  motornya ada disini dan dipake sehari-hari disini, Nah kan STNK nya terdaftar diluar Jakarta, tapi kita bisa banget melakukan cek fisik bantuan di samsat deket domisili kita tinggal. Jadi motor kita gak perlu capek capek dibawa ke bandung. Saya pun demikian, motor plat D, tapi cek fisik bantuannya dilakukan di plat B yaitu di samsat Jakarta Selatan.

Bagi perantau seperti saya, juga bagi team semua yang memang berdomisili di daerah yang berbeda dengan tempat STNK motor kita, cek fisik bantuan ini merupakan Langkah yang bisa memudahkan pengurusan surat kendaraan bermotor.

Untuk persiapan cek fisik bantuan, saya perlu mempersiapkan

Pertama, Motor yang lengkap dengan plat nomor dan kelengkapan standar, sehingga ketika dilakukan cek fisik sudah memenuhi standar pengecekan cek fisik bantuan di samsat.

Kedua, siapkan STNK Motor asli dan juga bukti pembayaran pajak tahunan asli. Bukti pembayaran pajak tahunan asli ini biasanya ada dibelakang STNK motor.

Ketiga, jangan lupa juga membawa uang secukupnya. Kebetulan saat cek fisik bantuan ini biaya nya adalah sebesar Rp30 ribu rupiah.

Setelah perlengkapan untuk cek fisik bantuan ini sudah disiapkan, selanjutnya saya menuju ke samsat Jakarta selatan.

Samsat Jakarta Selatan yang akan saya datangi, berada di alamat: Polda Metro Jaya di Gedung Polda Metro Jaya Jalan Gatot Subroto RT05/RW03 senayan, kecamatan kebayoran baru kota Jakarta selatan Provinsi DKI Jakarta. Samsat Jakarta selatan buka dari hari Senin s.d Jumat dari pukul 8 pagi s.d pukul 2 siang.

Untuk masuk ke Samsat Jakarta Selatan dan melakukan cek fisik bantuan motor tidak bisa langsung dari Gerbang Utama yang berada di Jalan Gatot Subroto sebrang Semanggi. Namun, saya harus masuk dari arah SCBD sebelum menuju jalan raya gatot Subroto. Lokasinya ada di sebelah kiri keluar gerbang SCBD menuju Gatot Subroto.

Saat masuk ke Samsat Jakarta selatan, seperti biasa ambil tiket masuk, tapi setelahnya ternyata ada petugas yang mengharuskan saya membuka helm. Akhirnya saya pun buka helm lanjut jalan. Oiya tapi motor jangan dulu di parkir ya, karena motor harus dibawa ke tempat cek fisik. Saya lanjut mengikuti jalan menuju tempat cek fisik.

Lokasi cek fisik bantuan dari pintu masuk, kita tinggal lurus saja, kemudian belok kanan dan mengikuti petunjuk jalan. Lokasi cek fisik ada di pojok kanan atau arah depan sebelah kanan dari arah pintu masuk. Jalur dan lokasi cek fisik ini juga searah dengan cek fisik kendaraan roda 4 atau mobil.

Suasana tempat cek fisik motor dan mobil pada saat saya kesana cukup ramai. Banyak orang yang memang antri untuk melakukan cek fisik motor, termasuk cek fisik bantuan yang saya lakukan.

Setelah saya masuk area cek fisik, Petugas dari Samsat Jakarta Selatan meminta saya menunjukan STNK dan Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran Pajak (SKKP) yang kemudian dipisahkan oleh petugas dan dilampirkan ke formulir cek fisik bantuan. Sementara STNK motornya nya oleh petugas kembali diserahkan ke saya. Selanjutnya petugas mengeluarkan kertas untuk gesek rangka motor dan melakukan cek rangka. Setelah beres cek rangka lanjut petugas menggesek mesin. Proses cek fisik bantuan ini cukup simple dan cepat. Adapun biaya untuk pengecekan cek fisik bantuan motor ini adalah sebesar Rp30 ribu.

Kemudian, petugas dengan sigap mengisi form cek fisik bantuan motor saya, setelah beres melengkapi formulirnya, kemudian saya diajak untuk foto didepan motor, cekrek, bunyi suara kamera handpone petugas mengambil gambar saya dan motor kesayangan saya cukup mengagetkan saya. Setelah dilihat hasil akhir, foto saya dan motor ini nantinya sebagai bukti bahwa kendaraan hadir dan dicetak di formular cek fisik bantuan. Oh ya team, sebagai informasi saat cek fisik bantuan, saya tidak ditanyakan atau dimintakan BPKB motor.

Setelah formulir lengkap, kemudian saya disodorkan secarik kertas bukti kehadiran sebagai tanda untuk mengambil formulir cek fisik bantuan yang nanti beres di proses oleh Samsat.  Mengingat yang antrian di loket masih banyak, saya disarankan untuk memarkirkan dulu motor ini ke tempat parkir. Jauh juga ya ternyata  lokasi parkir motor dari lokasi cek fisik, tapi tenang, biar sambil olah raga jalan segitu boleh juga, lagian parkiran motor dekat dengan pintu keluar.

Setelah parkir saya kembali ke loket tempat cek fisik bantuan, untuk mengambil dan menunggu nama saya didipanggil untuk diserahkan formulir cek fisik bantuan.

Ngomong-ngomong, samsat kan memberikan alternatif cek fisik bantuan, tentu ini merupakan keuntungan bagi saya karena saya tidak perlu capek balik bandung Jakarta pakai motor untuk cek fisik kendaraan dan perpanjangan STNK 5 tahunan. Dengan cek fisik bantuan ini, saya cukup beberapa menit dari tempat saya tinggal menuju samsat Jakarta selatan, nah baru hasil cek fisik bantuannya beserta STNK nanti saya kirimkan ke Bandung, biar keluarga saya yang di Bandung yang melakukan pembayaran untuk perpanjangan STNK 5 tahunan di Bandung.

Kalo diitung-itung, untuk melakukan cek fisik bantuan ini dengan langsung datang ke Samsat saya harus bersabar menunggu, ya gimana lag ikan karena selain kita banyak juga orang lain yang melakukan cek fisik kendaraan ataupun melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan baik motor maupun mobil.

De . . . empat . . . bla, blab la (disebutin Plat Nomor Saya), Ups! Plat Nomor saya dipanggil, saya pun mendekat admin loket dan menyerahkan bukti hadir dan ditukar dengan formulir cek fisik bantuan yang telah diproses oleh samsat seperti ini nih team formulirnya.

Kalo diitung-itung waktu yang diperlukan untuk cek fisik bantuan ini memakan waktu kurang lebih 1 jam. Mengingat ternyata banyak juga yang datang ke samsat, maka saran saya Ketika datang ke samsat mending pagi-pagi. Lebih baik datang sebelum samsat buka, atau sebelum jam 8 sudah tiba disini.

Oke team, itu saja tulisan pengalaman Cek Fisik Bantuan di Samsat Jakarta Selatan.

Terima kasih telah membaca cerita ini sampai akhir, dan semoga bermanfaat.

Akhir kata saya pamit undur diri, dan sampai jumpa lagi di tulisan selanjutnya,

Rahmat Nugraha, banyak cara, banyak gaya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *