Ikan Hias yang Kuat dan Mudah Dipelihara



Memelihara ikan ditengah situasi kondisi pandemi tentu menjadi hobby yang banyak diganderungi oleh millenial, termasuk saya. Memelihara ikan memberikan banyak manfaat, utamanya untuk kesejahteraan mental. Kehadiran ikan-ikan yang cantik dipercaya mampu menjernihkan pikiran dan ampuh meredam stres (asr/cnn/2021).

Pada tulisan kali ini saya akan ngasih ulasan tentang ikan hias yang kuat dan mudah dipelihara di Aquarium Air Laut Saya. btw buat yang belum tau dari kapan saya memulai hobby aquarium air laut ini, jadi saya mulai hobby ini dari akhir Oktober 2020 saat kondisi pandemi covid sangat menjadi konsen utama di negeri ini dan dominan kerja di rumah (WFH). So, sejauh sampai dengan saat ini, Juni 2021, saya berpendapat kalo ikan hias yang kuat dan mudah dipelihara jatuh pada pilihan . . . . . . .Ikan Blue Damsel/ Betok Biru Ekor Kuning.

Ikan Blue Damsel/ Betok Biru Ekor Kuning.

Ikan Betok ini sering dibilang betok Biru Ekor Kuning, secara biologis merupakan spesies Chrysiptera parasema, sering dikenal juga sebagasi yellowtail damselfish, yellowtail blue damsel, atau bahkan goldtail demoisell, dan kadang variasi spesiesnya bermacam-macam. Ikan betok biru ini memiliki ukuran yang kecil antara 2.5 – 3 inch.

Saat beli di tempat jualan ikan air Laut, memang ikan ini cukup populer dikalangan penjual ikan air laut. Selain itu harganya juga cukup aman di dompet. Ikan ini pun menjadi ikan yang sangat terkenal terlebih di Indo Pasifik untuk menjadi ikan yang dipelihara oleh pemilik aquarium air laut.

Ikan Hias sebelum Masuk Akuarium Air Laut

Sebelum memasukan ikan Hias ke Aquarium Air Laut Saya, pertama tama saya lakukan aklimasi suhu dengan cara menyimpan ikan yang telah dibeli diatas permukaan aquarium. tujuan proses ini adalah agar ikan yang kita beli memiliki suku yang sama dengan aquarium. waktu aklimasi suhu untuk ikan hias air laut ini saya lakukan selama 2.5 jam.

Kedua, saya melakukan proses drip-ing, yaitu meneteskan air dari aquarium air laut saya kedalam media ikan yang tadi dikemas. biasaya saya memakai wadah untuk proses drip-ing ini. saya teteskan air sedikit demi sedikit sampai air pada wadah didominasi oleh air dari aquarium air laut kit.



Ketiga, saya memasukan ikan yang telah selesai di drip tadi ke dalam aquarium air laut deh . . . .beres dehh,

Pada semua proses sampai dengan ikan masuk akuarium air laut, saya memastikan agar lampu aquarium dalam keadaan mati.

Kenapa Ikan Hias Betok Biru Ekor Kuning / Damselfish ini Kuat dan Mudah Dipelihara??

Kalo menurut pendapat saya, ikan ini memiliki tingkat agresifitas yang tinggi dan bersifat teritorial. Sekalinya ada biota lain mendekat dia biasanya akan mengeluarkan sifat galaknya. Dengan sifat galaknya ini, ikan ini cendrung jadi disegani ikan lainnya. Selain itu, ikan betok juga dalam hal makan – memakan pakan pelet, selalu terdepan, sehingga sumber energi ini lah yang membuat dia kuat dan mudah dipelihara dibanding ikan hias lainnya.

Oke team sekian dulu pendapat pada tulisan kali ini, terus gimana menurut pendapatmu??

Terima kasih telah membaca sampai akhir, dan nantikan tulisan lainnya di rahmatnugraha.net

Salam,
Matt, 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *