Bandung Jakarta

Hari ini minggu malam, dan besok senin. Duh bagi beberapa orang hari senin adalah hari yang menakutkan, kadang udah gak maulah ada hari senin haha. . . Termasuk gue.

Oiya saat ini gue lagi latihan posting di blog ini di saat bis berjalan melewati Cipularang dari Bandung menuju Jakarta. Nah, latihan selanjutnya gue juga mau berbagi cerita tentang angkutan yang membawa gue ke Jakarta dengan pemberangkatan dari Leuwi Panjang Bandung.

Sebelum ke Leuwi Panjang, tadi malem gue dianterin sama mamang ojek langganan. Mamang ojek ini selalu siap setiap saat. Sekitar 15 menitan dari rumah nyokap, sampailah gue di terminal Leuwi Panjang setelah melewati jalan Muhammad Toha dan Jalan Sukarno Hatta Bandung.

a. Waktu Pemberangkatan.

Berangkat dari terminal Leuwi Panjang Bandung sekitar pukul 19.45, Alhamdulillah nyampe di Jakarta jam 22.45 (Cililitan). Tadi sih, karena pool bis ini deket dengan tempat tinggal gue di Jakarta paling 15 menit sudah dipastikan gue sampai ke rumah. Jadi paling telat dari rumah Bandung ke rumah stay di Jakarta di perlukan waktu kurang lebih 3 Jam. Namun, kalo memang lancar kadang Bandung Jakarta dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam.

b. Biaya Ongkos Bandung Jakarta

Sebenernya banyak banget alternatif pilihan moda transportasi dari Bandung agar sampai ke Jakarta. Antara lain bisa menggunakan Kereta Api, Busway, pesawat bahkan bisa menggunakan motor/mobil pribadi.

Namun, sampai saat ini yang gue rasakan yang paling efektif saat ini gue gunain adalah menggunakan Bis. Disamping bisa tidur, juga lokasi kedatangan bis amat dekat dengan tempat tinggal di Jakarta.  Biaya Ongkos dari Bandung Jakarta juga bervariasi tergantung moda transportasi yang kita kendarai.

Apabila menggunakan bis dari Leuwi Panjang seperti yang sedang gue alami saat ini perjalanan Bandung Jakarta merogoh kocek sebesar Rp 75.000,- lumayan mahal sih bagi gue, tapi tentu ini masih dibawa harga travel dan atau kereta api.

Bis yang gue kendarai seperti biasa akan cek penumpang dan istirahat sekitar 5 s.d 10 menit di Tol Cipularang KM 125. Sebagai gambaran ni yah, kalo weekend biasanya bis selalu padat. Sama hal nya kondisi malam ini dari kapasitas yang ada, 100% kursi terisi semua. Kebayang kan sob untungnya yang punya usaha ini.

C. Pemberhentian bis Bandung Jakarta

Bis yang gue tumpangi adalah bis Primajasa (bukan promosi). Bis ini menampung sekitar 50 s.d 65 an orang. Sebenernya, selain bis ini mengantar perjalanan Bandung Jakarta, di terminal Leuwi Panjang, masih banyak juga bis-bis yang memberikan layanan transportasi perjalanan Bandung Jakarta lainnya. Ada yang jurusan Bandung Jakarta tujuan akhir Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Leak Bulus, dan lain sebagainya.

Nilai Tambah menggunakan bis dari terminal Bandung aka Leuwi Panjang

Sebenernya selain menggunakan transportasi via Bis dari terminal, kita juga bisa ngegunain moda transportasi travel. Travel yang memberikan layanan Transportasi Bandung Jakarta sangat beragam. Sebut saja contohnya Cipaganti, Day Trans, X-Trans, Baraya, dan masih banyak lagi. Suttle travel sebagian besar bermarkas utama di pusat pusat perbelanjaan dan atau pusat kota misalnya Lembang, Dago, Pasteur, Betununggal, Sukarno Hatta, dll. Untuk travel, tidak hanya pemberhentian terakhir yang di pusat jakarta seperti semanggi, hotel kartika chandra, FX Plaza, dll namun juga pemberangkatannya biasanya dari lokasi shuttle Travel.

Naah kalo menurut gue sih sob, nilai tambah dari langsung menggunakan bis adalah gak perlu ribet pesan tiket atau order via telpon seperti via Travel. Jadi, kita bisa langsung cus ke Terminal  untuk ngegunain Bis. Oiya kalo pake bis yang saat ini gue tumpangi nih ya, sesuai dengan track yang tertera di mobil dan karcis, bis ini akan berhenti di Pool Primajasa BKN Cililitan, yang lokasinya pun berdekatan dengan kantor BKN, dan halte BKN trans jakarta, halte antara cawang UKI dan PGC Cilikitan.

So, ini kan pengalaman kang Rahmat nge Bandung Jakarta. Kalo kamu sob, pake kendaraan apaan nih kalo mau Nge Bandung Jakarta?

Duh ngantuk sodara sodara. . . Akhirnya mari kita lanjut tidur. . . Trims udah sempatin baca tulisan ini,  Daadahh. .

kang Rahmat

Start up - Entrepreneur. Moeslim, 27Yo. Indonesian.

2 thoughts on “Bandung Jakarta

  1. Aulia Fasya says:

    Murah ya naik bis. Tapi aku kalau ke Jakarta gakmau pake bis (ke kota manapun sih) hahaha lebih pilih kereta walau harganya lebih mahal. Atau naik kereta tapi cari yang murah wkwk

    • kang Rahmat says:

      Murah sih emang, tapi sebenernya ada yang lebih murah lagi kalo pake yang jakarta tujuan akhirnya garut atau tasik dan turun di bandungnya (di Cileunyi) cuman gak tega sama waktu haha. . Iya naik keretanya minta dibayarin temen tuh . . Pasti murah wkwkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *