Creativity and Design for Social Change in Cities

Tentang Ridwan Kamil

Nama Ridwan Kamil di dunia arsitektur pasti tidak asing lagi. Meski usianya masih relatif muda, 39 tahun tapi karyanya sudah tersebar di banyak negara.
Marina Bay Waterfront Master Plan di Singapura, Ras Al Kaimah Waterfront Master Plan di Qatar-Uni Emirate Arab dan Suktohai Urban Resort Master Plan di Bangkok, Thailand adalah beberapa dari puluhan karyanya.
Memiliki prinsip Hidup adalah memberi. hal itu serin beliau praktekan dan terbukti. beliau sering mengingat akan amanat ibunya agar memberi rezeki itu benerNggak boleh pelit. begitu pun dengan Ilmu. Kalau ada rezeki beliau share. Itu prinsip hidupnya yang juga merupakan amanat dari seorang ayah yang membesarkan beliau.

Pemikirannya:
Masa Depan Suatu Negara ada di Kota, dan kuncinya adalah bahwa aset yang dimiliki di kota ada harus memiliki SDM yang berkompeten dalam berinovasi. Namun kelemahan orang kreatif adalah kurangnya kolaborasi.

Kolaborasi dalam Membangun Negeri
Harus bersama-sama membuat kemudahan dalam membangun bangsa ini beliau merasakan kemudahan hidup karena Networkingnya yang banyak, dan Expand Networking juga dengan orang-orang lintas Mancanegara. hal ini dirasakan dari pribadi sendiri beliau yang merasakan. Nah, seandainya kolaborasi ini dilakukan oleh segenap unsur bangsa, tentunya akan menggandakan optimisme dalam membangun bangsa.

Membangun perubahan peradaban Negeri

“be the Change you want to see in the world”
“Kalo anda Ingin merubah sesuatu, Jadilah Perubahan itu sendiri”

mutlak perubahan ini diperlukan untuk membangun peradaban Negeri. membangun peradaban berarti tidak terlepas dari kepedulian kepada orang-orang disekitar untuk menebarkan manfaat. Kesetaraan dibalut dengan hati saling berbagi adalah harus menjadi titik tolak perubahan peradaban Negeri.

lebih lengkap mengenai pemikiran dan inovasi beliau saat ini, bisa disaksikan di Video berikut ini.
Selamat menyaksikan

#26 November 2011

Tulisan ini berawal dari Menyaksikan Langsung Pemaparan dari Beliau saat mengikuti salah satu program asrama.
sehingga ada keinginan untuk mengenal lebih dekat sosok Ridwan Kamil, dari setiap pemikirannya

kang Rahmat

<p>Start up – Entrepreneur. Moeslim, 28Yo. Indonesian.</p>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *