Teringat Lagi, Jurusan Manajemen Jadi Apa Sih??

Bagi seorang anak desa, rasanya untuk melanjutkan pendidikan tinggi (Baca: Kuliah) itu adalah hal yang memang  dirasa sulit. apalagi kalo latar belakang keluarga yang gelap akan pengetahuan dan pendidikan tinggi disamping memang kemampuan dalam hal keuangan menjadi permasalahan tersendiri.

Optimisme

Ya, seiring dengan berjalannya waktu, optimisme-lah yang selalu mendominasi diri saya. Optimisme untuk menjadi pribadi yang lebih baik, Optimisme untuk memberikan yang terbaik. sehingga saya Alhamdulillah sampai saat ini masih bisa melanjutkan pendidikan bahkan dipenghujung Pendidikan tinggi. (Man JAdda Wa Jadda)

Cerita Masa Kecil  

Cita Cita
Cita-Cita

Kalo waktu kecil dengan mudahnya tiap anak ngejawab pertanyaan jika ditanya tentang cita-cita  dengan mata berbinar-binar, “dokter!” “Polisi” atau “pilot!” atau “arsitek” atau “pramugari!” atau bahkan “astronot!” yang udah jelas-jelas di indonesia gak ada profesi itu, beda halnya dengan orang yang udah mulai beranjak gede. apalagi orang yang udah diambang keremajaan menuju kedewasaannya. secara usia, maksud saya. ah, susah tidak segampang itu deh pokoknya.

 

saya yang sekarang kuliah di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia (Baca: IPB), bahkan udah semester 7. dulu sama sekali gak pernah denger ada profesi yang dinamakan Dokter Hewan, Pengusaha, Manajer, Bisnisman apalagi dijadiin cita-cita. mungkin karena citra pegawai negeri yang mendominasi dan sering didoktrinkan kepada saya selama ini. bahkan rasanya baru ngeh waktu mau milih jurusan apa buat pilihan di usmi IPB. Jurusan yang saya pilih adalah Manajemen (Fakultas Ekonomi dan Manajemen).

Jurusan Manajemen
Jurusan Manajemen IPB kalo saya lihat lihat dari temen-temen yang sekelas dengan saya, kecendrungan mahasiswanya adalah mahasiswa yang pilihan pertamanya adalah jurusan ini, terutama yang mengambil USMI 2008. namun dimata masyarakat kadang saya suka merenyitkan dahi tatkala ada yang belum tahu jurusan ini ada di IPB. se gak populernya ya jurusan saya ini? bahkan kadang ada yang bingung ketika saya katakan bahwa saya dari jurusan Manajemen IPB (mereke bilang : Emang di IPB ada ya Jurusan Manajemen? bukannya ipb itu pertanian?) saya pun sering berpikir wah kurang terekspos juga nih jurusan saya di mata masyarakat umum (Padahal Jurusan saya adalah salah satu kunci untuk membangkitkan pertanian, off Farm sector) atau kurangnya keterkenalan Jurusan saya karena masih muda aja ya jurusan saya? secara jurusan saya baru berdiri kurang dari 8 tahun yang lalu (red:kalo gaksalah). yang pasti sih jurusan yang saya ambil ini adalah pilihan utama bukan opsi yang kedua, saat melamar untuk menjadi mahasiswa di Kampus ini.

Diinget-inget Lagi
dulu sebenarnya saat sering konsultasi dengan guru BK di SMA saya sering curhat, bahwa saya bercita-cita ingin menjadi “orang yang berguna bagi agama nusa dan bangsa” Normatif banget kan? hehe ya begitulah dulu. dan guru BK saya sering mengarahkan saya untuk jadi TNI atau POLRI aja toh katanya dengan menjadi seperti itu bisa menjadi orang yang berguna bagi agama nusa dan bangsa. (dulu kepikiran juga kalo jadi TNI dan berjihad untuk perang melawan Teroris sudah tercapailah cita-cita saya #pemikiran yang pendek dan simple, haha)

Karbol TNI AU

pembentukan hasrat menjadi TNI atau POLRI saya ini masih menggebu *halah* setidaknya sampai beberapa bulan setelah lulus sma dan belum masuk Kampus IPB. Dulu Optimis Banget… bahkan saking optimisnya tiap minggu minta dilatihin Renang sama pembina TNI di Asrama SMA Plus, dan tiap 3 hari sekali ngasah kemampuan lari, push-up, dan kawan-kawannya. sampai Alhamdulillah diberikan kesempatan untuk mengikuti Tahapan Test Menjadi KARBOL (Perwira TNI AU) dan selama 4 kali test (Tes Administrasi, Test Kesehatan (tinggi badan, berat badan, Urine, Organ dkk), Test Fisik (Test Renang, Lari (Bahkan sampai menduduki peringkat 1 diantara pendaftar) dkk,.. semuanya LULUS dan sering pulang pergi Lanud Husein Sastra Negara walaupun sendiri dan sempat di antar sama bapak karena dari SMA saya yang berminat menjadi AURI hanya saya Seorang ),.. Optimisme dan dorongan keluarga yang semakin kuat inilah yang mengantarkan saya lolos dari tes-tes yang dilalui.
akan tetapi akhirnya karena ada persyaratan pas waktu tes postur tubuh rangkaiannya ada tes disuruh berjalan (test ke 4 ) saya dinyatakan memiliki postur gejala tubuh Skiliosis “lupa nulisnya gimana” yang jelas (postur tubuh yang kerangka tubuhnya membengkok), dan ini saya baru nyadar karena dulu seringkali tidur di meja belajar (makanya sekarang saya berusaha untuk tidak tidur di meja belajar).
Ketidaklulusan saya  bukan berkhianat pada arahan cita-cita Guru BK saya, huhuhu ..akan tetapi saya menyadari mudah-mudahan ketidak lulusan ini memiliki manfaat bagi diri saya, masyarakat dan negara (kebayang kan kalo saya diluluskan padahal nyatanya tidak lulus, saat saya bawa pesawat tempur lha yang ada pesawatnya oleng karena masalah ini)

Dan di IPB-lah saya Berjuang Kembali
entahlah. saya berniat untuk masuk kampus ini sebenarnya dari tingkat 2 di SMA. melihat ada kaka kelas yang kuliah disini dan dengan Tagline “Pertanian” seolah-olah menjadi daya tarik tersendiri. namun minat saya masuk ke kampus ini baru terputuskan oleh saya 1 hari sebelum penyerahan form USMI dikembalikan ke IPB. ya Keputusan singkat kalo dilihat padahal sudah tersirat dari beberapa waktu yang lama. selain itu dulu saya melamar ke kampus ini bersama dengan Ahmad Siroji (yang kebetulan dia juga mendaftar untuk Perwira TNI AD).
yang sekarang pun melanjutkan pendidikan di kampus IPB ini.
kadang-kadang ngerasa salah masuk sih, tapi kalo dipikir-pikir, kan kalo tujuannya mau menjadi orang yang berguna bagi agama, nusa dan bansa gak sesempit itu (menjadi TNI saja). bisa aja kan jadi Professor, Konsultan, dosen, pengusaha, bisnis man, peneliti, manajer sehingga level ilmunya lebih tinggi, siapa tau bisa lebih memberi manfaat buat orang lain. apalagi kan yang dididik di tingkat ini bukan anak kecil lagi, kita bahkan bisa sharing sama mahasiswa, antar organisasi, antar manajer perusahaan, antar orang sukses dan itung-itung rekan.
dan dari waktu ke waktu dengan mengenal lebih dalam, justru rasa cinta itu semakin bertambah. dengan senantiasa mensyukuri atas nikmat ini. dan bisa menjadi salah satu mahasiswa di sini.

Teringat Lagi, Jurusan Manajemen Jadi Apa Sih??
Kemarin (8/11/2011) saya diingatkan kembali oleh rekan saya mahasiswa AGB45 tentang mengapa sih manajemen?? dan buku yang dia sodorkan ke saya, masih inget betul saya, itu adalah buku pas saya membaca profil IPB saat kelas 2 SMA. dan saat kelas 3SMA di ruang BK, buku inilah yang sempat menarik perhatian saya.
Buka buku Panduan Program Sarjana yang dulu pernah dibuka saat menentukan jurusan untuk kuliah di IPB

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB:
Lapangan Kerja:
1. Accounting
2. Marketing Manajer
3. HRD Manajer
4. Manajer Operasi di berbagai perusahaan

#teringatKembali

dan setelah mengenal lebih dalam, minat saya di semester 7 ini adalah di bidang Manajemen Marketing (Baca: Tema Skripsi)
mudah-mudahan dengan mengingat kembali ini, saya semakin bisa mencintai, Almamater IPB, Almamater Departmen dan Almamater Fakultas Ekonomi dan Manajemen

apapun cita-citanya, apapun profesi saya nanti, semoga saya bisa ngejalaninya dengan ikhlas dan bahagia.
dan untuk jangka pendek sekarang,  alangkah pentingnya saya untuk kerjain Tugas di Organisasi, Lulus Kuliah, memperbanyak wawasan dan jaringan, komunikasi yang baik dan punya nilai tambah Pribadi yang spesial.
sehingga menjadi penyumbang untuk pembentukan masyarakat madani di Dunia

salam! ^^

Masyarakat Madani
kang Rahmat

<p>Start up – Entrepreneur. Moeslim, 28Yo. Indonesian.</p>

210 thoughts on “Teringat Lagi, Jurusan Manajemen Jadi Apa Sih??

  1. ZAHRIN says:

    amiin ka ,insyaallah tahun ini saya nyusul kaka masuk management ipb ,doain ya ka mudah2han saya lulus snmptn undangan amiin ;D

        • kang Rahmat says:

          Untuk jadi seorang manajer dipengaruhi oleh kinerja seseorang di perusahaannya. Itu menyangkut kinerja, dedikasi dan integrasi seseorang setelah kuliah. Jadi jurusan apapun itu, bisa menjadi seorang manajer atau kepala. Dengan kriteia yang sekali lagi sesuai dengan perusahaan yangmenjadi naungannya

  2. dina maharani says:

    assalamualaikum, kak mau tanya, waktu saya terpilih mendapatkan jalur snmptn online saya memilih ipb jurusan ekonomi manajemen seperti kakak.. tapi saya jurusan ips. setelah saya mendapatkan informasi2 ttg jurusan tsb, ternyata jurusan tsb untuk untuk ank ips. sekarang saya jadi ragu, apa anak ips bisa keterima..?

  3. muzakidirgantara says:

    Ass. Wr. Wb. Kak,saya posisi menginjak kelas 3sma skrg. Saya posisi di jurusan ips,saya mau tanya,manajemen ipb itu untuk ipa atau ips sbnrnya jika saya melalui snmptn(tulis)/sbmptn? Terimakasih:)

    • kang Rahmat says:

      waalaikumsalam, untuk lebih lengkapnya coba ditanyain ke guru BK nya, biasanya informasi dari kampus ke sekolah sekolah di Indonesia selalu diinformasikan kok,
      semoga membantu yah.. sama sama 😀

  4. Gita Karina says:

    apa yang bisa ngeyakinin seseorang yang mau masuk jurusan manajemen IPB? padahal dia mau tapi ragu dengan prospek kerja yang cuma itu aja ” yang kaka tulis diatas” hehehe

    • kang Rahmat says:

      Niat baik untuk belajar, sama optimisme.. jika dilihat dari SK Ban PT No 004 Tahun 2010, jurusan ini memiliki akreditasi A, So, menjadi keunggulan tersendiri dan merupakan salah satu jurusan terbaik di IPB :),
      sehingga di dunia kerja tentu sangat dipertimbangkan oleh perusahaan

    • kang Rahmat says:

      untuk 2013 saya kurang mengetahui karena memang udah lulus juga dari kampus tercinta ini, untuk lebih lengkap coba aja berkunjung ke web resmi ipb di : ipb.ac.id
      atau ditanyakan langsung di twitter: @ipbofficial Semoga membantu #RN

  5. raditya dwi says:

    mas mau tanya, kebetulan saya baru lulus sma tahun ini dan saya ingin melanjutkan k perguruan tinggi tepat na d jurusan managemen. tapi apakah pada bidang ini memiliki prospek kerja yg tinggi terus belajarnya susah gak ? *makasih, salam kenal*

    • kang Rahmat says:

      Untuk prospek kerja tentu saja banyak pertimbangan yang memang harus diperhatikan baik itu kompetensi, softskill, maupun hard skill. selama ketiga hal tersebut kita unggul dibanding yang lain, insya Allah prospek kerja cerah kok, apalagi di IPB pola pikirya dididik untuk mandiri., kalo untuk belajar, ya sama seperti saat SD,SMP, SMA, yang rajin tentu akan pandai, dan yang malas tentu akan bodoh, tinggal seberapa keras perjuangan untuk belajar, mudah2an diniatkan untuk ibadah. yakin deh gah susah kok belajar di IPB 🙂 – salam kenal kembali raditya 😀

    • sekar putri ani says:

      Asslmulkm.slm kenal kak say putri .kak saya bingung untuk memilih jurusan.brebagi dounk kak pendapaty .saya pngen jdi seorang guru biologi. Dilain sisi bnyk orang bilng manajemen jga bsa untuk mengajar .nah mnrut kk baik y ambil fakultas apa? fkip apa jurusan manajemen.

      • kang Rahmat says:

        waalaikumsalam putri, . . salam kenal juga yah. kenapa mesti bingung, semua pasti udah ada rezekinya. kalo pinginnya jadi seorang guru biologi saya sih ngasih pendapat kamu ambil aja jurusan pendidikan biologi, karena bagaimanapun apa yang kamu cita-citakan biasanya kamu menjalananinya dengan senang hati, dan kesuksesan biasanya dilalui oleh kerja yang ikhlas dan senang hati.
        semoga membantu yah.
        nah, kalo untuk jaga-jaga tidak bisa masuk, bisa juga manajemen jadi alternatif pilihan 🙂

  6. bara says:

    maaf, klu blh tanya, klu untk pekerjaan pelayanan kepuasan pelanggan nyambung gak masuk jurusan manajemen ?

    trim sblm ny

    • kang Rahmat says:

      nyambung kok, karena memang orientasi dari manajemen perusahaan secara luasnya adalah ke pelanggan 🙂
      nanti ada mata kuliah perilaku pelanggan pada salah satu mata kuliahnya di departemen manajemen ini
      semoga membantu

    • kang Rahmat says:

      waalaikumsalam,wrwb. kalo mekanisme SNMPTN undangan untuk yang terbaru saya kurang tahu ya, tapi dulu temen saya (2008) Jurusan IPS pas SMA, ikut SNMPTN dan mengambil jurusan manajemen, sekarang dia sekelas sama saya dan lulus bareng.
      coba saja dulu ya sajida, dan cari informasi yang akurat seperti di akun twitter @TweetIPB
      semoga membantu,

  7. isra says:

    ka mau tnya saya masih kelas 10 dengan kurikulum 2013 dan saya ambil jurusan ips krna mau kuliah ambil manajemen di ipb,dr ips bs kn ka ke manajemen ipb?soalnya baca2 manajemen emg hrusnya dr ips.
    oh iya ka bagi tipsnya dong buat cara masuk ipb nnti entah dr jalur undangan atau lewat jalur tes ptn,bagi tipsnya ya kak hehe?
    makasih 🙂

    • kang Rahmat says:

      untuk kebijakan sekarang terkait IPA atau IPS saya kurang apdet, coba isra konsultasikan saja ke guru BK di sekolahnya. Oiya kalau dulu (5 tahun yang lalu) manajemen di IPB basicnya dan dominan mahasiswanya dari IPA. kalau saya dulu masuk jalur undangan, intinya sih niatin, berusaha, belajar dan berdo’a, terus update informasi juga dari web http://www.ipb.ac.id terkait kebijakan untuk mahasiswa baru. semoga membantu yah, salam 🙂

  8. vanny says:

    Assalamualaikum ka, saya vanny. Saya skrg kls 3, insyallah saya mau ambil management ipb , tp saya masih bingung antara ilmu gizi, management dan agribisnis ipb. Saya sudah konsul ke BK beliau berkata “kamu ambil management akutansi atau agribisnis saja, tp management lebih cocok” saya bingung management akutansi itu seperti apa ? Sedangkan saya dari IPA. Mksh ka

    • kang Rahmat says:

      Waalaikumsalam,wrwb, untuk langkah awal saya sarankan ambil aja du Jurusan Manajemen S1 IPB. Nah nanti untuk konsentrasi mengenai Manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen Pemasaran, sama manajemen Produksi dan Operasi itu menjadi pilihan saat semester akhir. Untuk manajemen akuntansi, sampai saya dulu di kampus masih belum dibuka. Paling ada juga Akuntansi D3 kalo di IPB 🙂

  9. Kururimpa No Prihadi says:

    Kang rahmat, saya mau nanya” dikit nih, maklum wawasan masih belum luas 🙁
    pertama, kalo di manajemen ipb ini mata kuliah apa ajasih kang yg di pelajari? soalnya saya tertariiikk bgt pengen masuk IPB, apalagi lewat undangan. Wah kalo udah lulus pasti serasa gak ada beban 😀
    nah yg kedua, saya IPA nih, bisa gak kang masuk ke mnjmn ini? atau apa harus ambil IPC? 🙁
    nah itu dulu aja deh kang. saya berharap bgt kang rahmat jawab pertanyaan saya yaa. Saya masih mau banyak tanya lagi nih kang, kalo ada waktu add aja saya di FB kang. Ntar Inbox yaa, saya tungguin bang 😉
    FB http://www.facebook.com/AnagkGaud/

    • kang Rahmat says:

      (1). Kalo di manajemen IPB, matakuliah ada dari mulai jenis eksakta sama sosial. totalnya minimal sks yang diambil 144 SKS (1-3 SKS = 1 mata kuliah); ada Matakuliah Matematika dasar, Kalkulus, dkknya.
      (2). Bisa banget SMA jurusan IPA masuk ke jurusan Manajemen IPB ini. saya juga dulunya jurusan IPA #lhooo..kalo jalur undangan, langsung aja apply. Sepengetahuan saya, manajemen IPB memang diprioritaskan untuk yang SMAnya jurusan IPA.
      semoga membantu yah.

        • kang Rahmat says:

          ada mata kuliah IPA, ada matematika dasar, fisika dasar, kimia, biologi, kalkulus dkknya disamping mata kuliah sosial lainnya. tapi untuk jurusan manajemen tidak sampai ke ilmu IPA murninya.
          kuota untuk manajemen biasanya 2 kelas kecil @60 orang maksimal. Totalnya maksimal satu jurusan manajemen Se-IPB = 120 mahasiswa

      • Kururimpa No Prihadi says:

        trus juga nih kang.. supaya bisa jebol undangan manajemen, kira” tips dan trik-nya gmn ya kang. maaf ya kang banyak tanya =D
        saya cuma pengen nambah wawasan supaya lebih gampang ntar diterimanya dan gimanagimananyaa =D

        • kang Rahmat says:

          wah klo mekanisme saringan saya kurang tahu. karena ada tim yang lebih tahu, cuma sejauh saya dulu ikutan, usahakan kriteria yang diminta IPB dipatuhi. kalo bisa bahkan diatas rata-rata yang diminta 🙂

        • kang Rahmat says:

          iya setahu saya maksimal 120 orang. kriteria yang diminta IPB adalah anak yang punya potensi untuk berkembang. bisa dilihat dari nilai raport, keaktifan organisasi, sama kemampuan diri. belajar, berjuang dan berdoa ya. Semoga IPB jadi pilihan yang tepat buat kamu

  10. irfannnnnnnnnnnn says:

    Kak saya mau nanya,saya sudah kelas 3 sma,dan saya berniat masuk jurusan management ipb,dan saya ipa,apakah masuk management ipb lewat undangan bisa? Atau undangan mangement ipb hanya diperuntukkan untuk anak ips saja? Tolong dijawab ya,saya bingung bgt

    • kang Rahmat says:

      Lewat undangan bisa. Undangan justru dari IPB biasanya di prioritaskan untuk anak IPA kok, karena IPB latar belakang manajemennya basic Science. saya juga dulu SMA IPA 🙂
      semoga menjawab pertanyaannya

  11. fajar says:

    kang mohon pendapatnya jika ingin menjadi seorang yang profesional dan memiliki usaha sendiri sebaiknya ambil jurusan s1 manajemen tok apa s1 manejemen yang lebih spesifikasi seperti manajemen pemasaran,accouting management,dll
    mksh kang jika akang bersedia menjawab pertanyaan saya.

    • kang Rahmat says:

      kalau di IPB, untuk memiliki usaha sendiri sebaiknya ambil jurusan Agribisnis. karena memang orientasinya bisnis. Adapun kalau mengambil Manajemen, untuk di IPB konsentrasi Manajemen: Pemasaran, Keuangan, SDM (sumberdaya manusia), dan Produksi Operasi itu menjadi konsentrasi saat tahun ke 4 di kampus. Jadi tahun 1-3 di Manajemen akan sama antar mahasiswanya. Nah, baru tahun ke 4 sesuai passion masing-masing, dan fajar pun bisa memilihnya.
      Semoga membantu yah 🙂
      Salam

        • kang Rahmat says:

          agribisnis itu jurusan yang ada disana. belajarnya tentang bisnis, perdagangan, dan bisnis internasional. Ini jurusan bagus juga kok, orientasinya bisnis pertanian dan perdagangan. klo kamu juga suka bisnis, bisa juga ambil jurusan ini. Bahkan jurusan ini, salah satu dosen dan guru besarnya jadi wakil menteri perdagangan lho.. 🙂

    • kang Rahmat says:

      waalaikumsalam, wr.wb. sebelumnya salam kenal ya nelly. persaingannya ketat sih, tapi kalo kamu punya niat dan belajar, berusaha dan berdoa, yakin kok kamu juga bisa kuliah disini. Dan se-Indonesia dari jalur Undangan yang diterima biasanya sekitar 80 persennya, sementara jalur SNMPTN 20% dengan total mahasiswa antara 100-120an se jurusan.. semoga menjawab, terima kasih

        • kang Rahmat says:

          sekitar 5 tahun yang lalu sih yang diprioritaskan nilainya asal lebih dari rata-rata pelamar yang lain dan sesuai dengan kuota jurusan. yang jelas mafikibio bahasa inggris dan bahasa indonesia kalo gak salah harus lebih dari 7,5 selain itu juga diperhatiin juga keaktivan dan kemampuan kreatifitas lainnya. semoga menjawab 🙂

    • kang Rahmat says:

      sampai saat ini saya kurang tahu apakah SMK juga mendapat kuota untuk masuk jurusan manajemen IPB, coba konsultasikan saja dengan guru BP/BK. selain itu 5 tahun yang lalu yang masuk jurusan ini kebanyakan dari SMA – IPA, adapun sekarang saya kurang tahu. Surya coba konsultasikan saja yah dan perbanyak cari informasi terapdet. semoga menjawab

  12. Kururimpa No Prihadi says:

    Wah oke makasi ya bang.. oya tambahan nih bang, kira” saya diterima gak bang masuk ini Manajemen IPB khususnya Undangan?
    Modalnya Alhamdulillah Nilai IPA dari semester 3 sd 5 naik terus, gak turun naik bang, trus CV alhamdulillah ada, tapi participant doang gak pernah juara bang 🙁
    kira” gimana ya baang? :/
    tengkyuu~

    • kang Rahmat says:

      wah saya tidak memiliki wewenang untuk memastikan kamu masuk atau nggak, soalnya mekanisme sekarang saya tidak tahu. Namun, coba saja dikonsultasikan dengan guru BK/BP. selain itu penilaiannya juga nantinya lihat persaingan dengan para pelamar lainnya. namun, sekali lagi kalo ada rezekinya dan memang IPB terbaik buat kamu dari tuhan, coba saja di ikhtiarkan dengan mencoba daftar. kalo rezeki gak bakal kemana kok 😀

  13. Gunawan says:

    Assalamua’alaikum..slm kenal ya kang, bagus bgt kang tulisannya 🙂
    oiy, gini kang sy mw tny sy kan dulu kuliah D3 jurusan Manajemen Perpajakan, trs sy ingin melanjutkan studi ke S1, kira2 manajemen pilihan yg tepat ndak ya kang ths atas jawabannya

    • kang Rahmat says:

      waalaikumsalam wrwb. makasih sebelumnya sudi berkunjung ke blog saya kang gun 😀
      di IPB S1 manajemennya manajemen Umum, jadi mayor/jurusannya : Manajemen. Adapun konsentrasi untuk skripsi yang ada : SDM, Produksi dan Operasi, Keuangan, dan Marketing. . . saat ini belum ada Manajemen Perpajakan di S1 IPB mas, coba mas cari informasi lebih lanjut, soalnya kalo mengambil disini tidak melanjutkan D3 mas kang gunawan yang udah fokus ke Manajemen Perpajakan hehe. . adapun kalo memang dirasa itu bukan hal yang vital, IPB manajemen bagus kok kang 😀

  14. novi says:

    kak aku pengen kuliah dijurusan manjemen , nah katanya SNMPTN 2O14 gak bisa lintas jurusan sedangkan saya dari ipa , apa bisa saya mengambil jurusan manajemen di ipb nanti terus bagaimana dengan persaingannya

    • kang Rahmat says:

      kalo pengen kejar aja.
      saya juga dulu dari IPA kok 🙂
      *dan setahu saya di IPB memang diproritaskan untuk temen-temen yang SMAnya jurusan IPA.
      biar lebih jelasnya novi kunjungi alamat http://admisi.ipb.ac.id/ untuk penerimaan mahasiswa baru 2014 IPB dan http://snmptn.ac.id/ untuk melihat informasi SNMPTN nya.
      persaingannya cukup ketat, tapi kalo berusaha insyaAllah bisa. . .selamat berjuang yah 🙂

      • Keyko Deswania says:

        kak, sy clon mhsiswa thn 2014 sy mo nanya ka. manejemen ipb prospek kerjanya bgs tdak?
        ayah sya nyranin utk msk ke manajemen cmn sy agak tertarik sma gizi.
        trs klo d manajemen ada beasiswa pascasarjana ke luar negerinya ga?

  15. herlan says:

    kang mau nanya,saya sekarang kelas 11 IPA,kalo manajemen di ipb lebih memprioritaskan ipa/ips ya kang?,terus kalo pertama kan masuk manajemen terus semester akhir baru ngambil manajemen akuntansi/keuangan kan?

    • kang Rahmat says:

      di IPB lebih prioritas IPA (dulu 5 tahun yang lalu). tapi temen saya pun ada yang dari SMAnya IPS, cuman dibawah 5% dari total mahasiswa jurusan manajemen. Iya, mengenai konsentrasi itu pas semester akhir untuk penelitian skripsi.

  16. irma deallovita says:

    aku masih kelas 3 smp. pengen ngambil jurusan Akutansi pas Smk. kalo kuliah ngambil fakultas management bisa ga kak?

    • kang Rahmat says:

      kuliah ngambil fakultas ekonomi jurusan manajemen bisa. Namun, untuk manajemen IPB dominan disyaratkan berlatar belakang IPA selama SMK atau SMAnya.
      namun untuk kampus lain, peluang akuntansi dan kuliah mengambil jurusan manajemen sangat besar.

  17. Neng Astri says:

    Kak mau tanya.. saya anak SMK RPL apakah saya bisa masuk ke fakutas ekonomi dan manajemen ?? terimakasih sebelumnya 🙂

  18. m rizky hidayat says:

    Asallamualaikum kak..
    Ka saya mau nanya.kan saya lulusan dari SMK jurusan listrik.sekarang saya semester 1 jurusan manajemen di kampus STIE kayu tangi banjarmasin.
    Ini udah minggu kedua saya proses perkuliahan. Apakah nanti di semester berikut nya akan bnyak pelajaran seperti matematika yg sulit ka?
    Secara saya paling lemah dalam bidang matematika ka?
    Apa saran saran atau motivasi motivasi agar saya nyamna di jurusan manajemen ini ka?
    Kabar kaka sekaranv gimana? Udah lulus kan kuliah nya? Udah kerja ka?
    Salam kenal ka dari saya 🙂
    “Balas di email saya ya kak”

  19. sandi muslim alalawi says:

    Assalamualaikum…. Kak maaf pngen nanya saya anak kelas IX dari MTS MUHAMMADIYAH kirisik. … Pngen nanya saya pngen kuliah di IPB pengen jadi seorang manajer tapi saya pingung skolah ke sma atau smk tapi jurusan apa…. Maksihhh salm sandi

      • miftah gumantiara says:

        Berarti anak IPA jadi prioritas masuk IPB yah kak ><
        Aku IPA sih, pengen masuk manajemem bisa? Lewat jalur apa? Saya sangat butuh jawabannya. Terimakasih sebelumnya ^^

        • kang Rahmat says:

          Justru setahi saya di IPB diutamain yang SMA nya jurusan IPA. Dulu saya masuk jurusan manajemen IPB melalui PMDK. Nah, kamu biar lebih lengkap coba konsultasi sama guru BK (bimbingan karir) di SMA nya yah

    • kang Rahmat says:

      Masih inget dong walaupun belum kopdar. sama sama yah kukurimpa a.k.a Prihadi Geyan, semoga bisa berjuang menjadi mahasiswa manajemen. Kapan-kapan kalo saya ke bogor ketemu yuk sambil ngobrol-ngobrol hehehe pastinya banyak pengalaman dan hal-hal seru kan disana.

  20. annisa says:

    ka, mau nanya aku jurusan ipa kurikulum 2013, kalo ?ntar kuliah mau ngambil jurusan perbankan bisa gak ?trus snmptnnya ngambil ipa atau ips ?

  21. anang says:

    ka, perkenalkan nama sy anang jurusan manajemen semester 1, klo menurut kaka konsentrasi manajemen yang paling bagus dan terjamin kerjanya itu apa yah? klo saya sendiri sih sukanya SDM dan Pemasaran

    • kang Rahmat says:

      Salam kenal juga anang. Yang paling bagus adalah bidang manajemen yang searah sama passion kamu dan menunjang karir serta cita2 yang kamu inginkan..karena setiap orang punya cita cita dan passion berbeda beda

  22. Viana says:

    Salam kenal kak.. Saya Via dari SMAN Medan. Saya mau nanya, teman2 alumni kakak dari jurusan manajemen udah kerja dimana aja kak ?
    Sbelumnya terima kasih kak..

    • kang Rahmat says:

      Salam kenak juga Vina. Temen saya ada yang bekerja di kementrian keuangan, kementrian tenaga kerja, di perushaan swasta kelapa sawit, kementrian koprasi dan UKM, heumn ada yang di astra, perbankan, ada juga yang jadi pebisnis.

  23. Irwan says:

    kak.. mau tanya + mau minta pendapat dari kakak kalo boleh.. saya siswa smk jurusan Autotronic(otomotif) apakah memungkinan kalo kuliah masuk jurusan manajemen..?? baru nyesel krn dulu ga pernah ada niatan akan lanjut ke perguruan tinggi.. salah masuk sekolah..

  24. Putri Permata says:

    Assalamualaikum kak. Mau nanya kak, kira2 apa saja ya yang dipelajari di management IPB?
    terus, bagaimana untuk biaya hidup,lingkungan , dosen nya dll.. ?
    terimakasih kak.

    • kang Rahmat says:

      Waalaikum salam, wrwb.
      yang dipelajari di manajemen ada manajemen, perilaku organisasi, pengantar bisnis, etika korporasi, perilaku pelanggan, manajemen keuangam, akuntansi, manajemen operasi dkk.
      Untuk biaya hidup di Bogor, keitung murah yah saya rasa. Lingkungannya kondusif kok, dan dosennya bervariasi cara mengajar dan karakternya. Pandai2 aja memahaminya.
      Semoga menjawab pertanyaannya putri
      salam

  25. nabila says:

    Ass kak,, saya nabila
    mau nanya kan saya pingin masuk jurusan manejemen ipb
    tp yg saya bingungkan adalah pilihan di pdss nya jurusan menejemn saja ditulis atau pertama jurusan manajemen yg kedua jurusan lain. kemungkinan masuknya yg mana ya kak?
    terimakasih wass jawab di email aja ya kak hehe tolog bantu ~

  26. fennymonica says:

    Saya mau bertanya,saya kls 3 SMA,saya msh bingung dgn jurusan manajemen di ipb.
    Apakah jurusan manajemen di ipb hrs dari jurusan IPS?
    Dan bgaimana dgn nilai raport dri smster 1-5 yg rata2nya hanya 81,apakah bisa dimasukkan melalui jalur snmptn?
    Terima kasih,mohon balasannya 🙂

    • kang Rahmat says:

      boleh kok nanya disini gratis.
      manajemen di IPB biasanya SNMPTN undangan lewat jalur IPA (dulu jaman saya USMI). kecuali untuk SNMPTN tertulis.
      kalo untuk penerimaan saya juga kurang paham dari tim penilai di IPB apa indikator utamanya. kalo berminat dengan jurusan Manajemen IPB, coba aja daftar dan konsultasi dengan guru BK di SMA.
      Semoga menjawab pertanyaannya yah. Tks

  27. melani says:

    Kak mau nanya saya kan dr ipa mau masuk ekonomi pembangunan ipb, kira-kira nilai mata pelajaran apa saja yg diprioritaskan? Trus saya gak ada prestasi bersertifikat di bidang apapun, tp sy selalu masuk peringkat 5 bsr. Bisa masuk lolos nggak ya. Oh ya kak kuota untuk penerimaan dr luar daerah spert palembang berapa ya kak? Ada tidak tmn kakak atau adik kls tingkat kk dr palembang?

    Terima kasih kak maaf banyak tanya 😀

    • kang Rahmat says:

      Kalo nilai pelajaran yang diprioritaskan sih biasanya MAFIKIBIO, kalo masalah prestasi bersertifikat kayaknya indikator penilaiannya bukan itu aja deh. coba aja dulu konsultasi dengan guru BK terkait karir dan ingin kuliah di Ilmu ekonomi pembangunan IPB. kalo dari palembang lumayan juga tuh,. . banyak temen saya dulu di fakultas dari palembang.
      Sama, sama semoga membantu yah 🙂

  28. alant says:

    maaf kak,saya mau tanya,,,saya dari jurusan ipa,insyaallah setelah lulus nanti saya ingin ambil jurusan manajemen….gini,,,pelajaran ekonomi cuman ada waktu saya kelas 10 tapi setelah lanjut klas 11 dan 12 itu kan sudah penjurusan,jadi tdak ada lagi pelajaran ekonomi untuk anak ipa,,,Apakah bisa saya ambil jurusan manajemen

  29. Anggi Lia says:

    assalamu’alaikum.kak mau ambil snmptn management di ipb. nilainya ya naik turun kemungkinan nya gimana kak? akusih udah siap lahir batin apa jadinya nanti sih kak, diterima atau engganya yang penting udah usaha + do’a. gimana menurut kk? nilai naik turun+ aku juga ikut bidikmisi kak. bismillahirrohman nirrohim ><

      • Deqqa Bravelangg says:

        Assalamualaikum

        kak saya msh kelas 2 sma jurusan ipa. awalnya saya pesimis dpt jalur undangan managemen yg imejnya jurusan ips. tp kata kk kelas aku di ipb rata2 managemen arahnya dari ipa. wah… aku terkejut pas di cek eh nemu post ini aku baca deh komentar komentarnya. jadi lebih semangat dapetin managemen ipb . oh ya katanya salah satu kriterianya aktif organisasi? hmm seperti apa ya kira kira soalnya sejak kelas 1 sma sampai skrng masih aktif di osis mpk dan dapet jabatan tinggi kira kira itu membantu ga?

        terus katanya ada asramanya ya? itu jdi mahasiswa bisa tinggal di asrama itu? ketentuannya apa ya?

        udah sih itu aja hehe makasih ya

        • kang Rahmat says:

          Waalaikumsalam. . . .kalo secara detail penilaian terkait kriteria masuk IPB saya kurang paham. namun kalo misalnya aktif di organisasi itu tentu jadi nilai tambah tersendiri. kalo menurut saya sih itu membantu yah deqqa.
          iya di IPB untuk tahun pertama wajib di asrama. itu wajib bagi mahasiswa s1 tahun pertamanya di asrama dulu.

          sama – sama semoga membantu yah deqqa.
          Salam

  30. rio says:

    kang mau tanya..d’kampus aq itu semester 4 ny wajib ambil kejurusan gtu aq kuliah ambil jurusan sistem informasi dan aq skarang harus milih lagi d’smester 4 ini ada 2 kejurusan yg pertama itu ada manajemen dan yg kedua itu ada akutansi….gmna ya kang biar gc salah pilih

    • kang Rahmat says:

      biar gak salah pilih kamu harus milih sesuai passion kamu dan kemampuan kamu yang maksimalnya kira2 ada dimana. Apakah menurut kamu di manajemen, atau malah lebih condong ke akuntansi? coba pikirkan baik baik yah

  31. faridah says:

    kang salam kenal. btw membantu bgt tulisannya, mau tanya jurusan managemen ini langsung S1 atau ada D3? bls ke email aja ya kang makasih

  32. wahyu says:

    assalamualaikum wr.wb. kak saya wahyu lulus smk jurusan teknik mesin tahun 2013.setelah lulus saya langsung kerja dan tahun ini ingin masuk ke perguruan tinggi.saya niatnya ingin ngambil jurusan manajemen ,kira-kira gimana ya?

  33. anasari says:

    Kak mau nanya dong ,kalo di manajemen itu kegiatan nya ngapain aja ya ?soal nya belm ngerti 😀
    Makasi kak 🙂 salam kenal

  34. Miftaqul Rizky Prasetyo says:

    Mendalam banget kata”nya kak. Makasih atas infonya, aku jadi ga binggung lagi pilih jurusan

  35. muhammad amin badali says:

    Assalamualaikum..
    Kang mau nanya nih..
    Saya kan lulusan SMK jurusan Usaha perjalanan Wisata. Jadi bingung mau ngelanjutin perguruan tinggi . Nyambung gk kalo saya masuk fakultas ekonomi manajemen . Trma kasih .

  36. Riza Ganjar Adiguna says:

    Kang Rahmat mau nanya dong saya kan lulusan Manajemen Informatika D3 . pngen lanjut S1 tp pngen beda jurusan sehingga sudah tidak fokus lg ke ruang lingkup IT . yang saya tanyakan jika saya memilih lanju1 S1 manajemen SDM apakah bagus untuk saya atau tidak . apalebih baik ke satu jurusan yg sama lagi . mohon pendapatmya kang rahmat???

    • kang Rahmat says:

      Saran saya sih karena udah paham akan teknikal IT, mungkin S1nya lebih ke yang masih berhubungan dengan D3nya. misalnya S1 Manajemen ambil stratejik. Adapun kalo memang passion dan minat di SDM, bisa saja juga ambil SDM. keputusan sih ada ditangan kang Riza. hehe :), karena kang Riza yang lebih tau tentang kemampuan dan potensi kang Riza.
      Semoga membantu yah 🙂
      Salam hangat dari kang Rahmat.

      • Riza Ganjar Adiguna says:

        Terima kasih 🙂 , tapi saya klo kurang d asah bakal lupa . tp sayang juga klo pindah . tp saya berminat d MSDM juga si . ada temen saya yg lulusan D3 IPB manajemen dia lanjut s1 di swasta . ya tp keputusan yang berat buat saya . . mksh tips nya kang rahmat.

  37. damitra says:

    Terima kasih buat info.a kak.
    Mau tnyak, apa2 ajha jenis jurusan manajemen sich kak? Dan klau kita ambil jurusan manajemen bisa jatoh.a kerja di bank?? Terima kasih.. 🙂

    • kang Rahmat says:

      Sama sama damitra.
      Jenis Jurusan manajemen MSDM (Sumber Daya Manusia), Pemasaran, MPO (Manajemen Produksi dan Operasi), Manajemen Keuangan.
      Kalo memang Rezeki dan berusaha, sih bisa kerja di Bank kok 🙂

  38. Fina says:

    assalamu’alikum ,saya fina kak baru kuliah tahun ini
    program kampus saya ituu hanya D3 jurusan manajemen, nah saya mau nanya kak klo ngelanjutin s1 ituu kira-kira bisa lintas jurusan atau harus sama dengan d3.a ,makasih 🙂

  39. Kira says:

    Mau tanya dong, kalo manajemen apa bakal sering presentasi??? Trs prakteknya ngapain aja??? Maklum saya orgnya ga aktif & ga pinter ngomong, kalo presentasi bawaanya deg2an setengah mati -_- Trs ntar belajar itung2an apa ngga ya?? Apa belajar tentang pajak jg? Denger2 sih manajemen lebih susah dr akutansi, walaupun eksaknya ga seribet akuntansi.. Mohon dibales >_< Butuh pencerahannya~ hehe

    • kang Rahmat says:

      Persentasi sih lumayan sering, prakteknya lebih ke praktek presentasi, cara bernegosiasi, terus kunjungan dan praktek bisnis. sama hitungan juga akuntansi, majamen keuangan dan metode kuantitatif manajemen. Saya juga sama dulu orangnya kurang aktif, tapi justru masuk sanalah belajar banyak, . . . setidaknya sekarang tidak segak aktif dulu.
      kalo masalah susah atau gampang, tinggal belajar aja :),
      setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan.

  40. tri laksono says:

    kak,saya mau tanya saya sudah lulus sekolah SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan dan saya sekarang sedang bekerja di salah satu rumah sakit bhayangkara, disela kerja saya,saya ingin sambil kuliah,yg ingin saya tanyakan apakah saya bisa kuliah di jurusan ilmu manajemen fakultas ekonomi…!? dan apakah nantinya didunia kuliah ada kendala/tidak? terus kelanjutan karir saya bisa lancar..? tolong dibalas ya kak,, terima kasih

  41. Bayu Pratama says:

    assalamu’alaikum kak,saya bayu kak,skrang klas 3 sma,bayu ingin mmprdalam ilmu ttg wirausaha kak,bayu mlihat artikel ttg sekolah bisnis ipb(SB-IPB),apkah sma dg Manajemen IPB kak ,dan apkah ssuai keinginan bayu msuk SB IPB untk mmprdlam wirausaha kak ?
    thanks kak ,,

  42. dea karim says:

    Baru nemu blog nya kk, pas cari referensi masuk univ.. Kbtulan sy smk akuntansi kls 3 kak. Akuntansi kan termasuk ips. Kalo misalnya mau masuk ipb manajemen bisa ga? Karena setahu saya ipb dominan ipa. Tks

  43. acaesarina says:

    Kak aku mau tanya, aku masih kelas 1 sma. Semenjak aku diberitahu sama kakak aku tentang info kuliah managemen aku sedikit tertarik untuk cari info tentang managemen. Aku mau tanya kalau managemen SDM itu fokusnya lebih mempelajari mengenai apa ? Sama kalu mau msuk ke jurusan managemen itu apa yb harus dipersiapakan mulai dari sekarang.
    #makasih kak, mohon dijawab ya ? Karna itu akan berguna untuk saya 🙂

  44. acaesarina says:

    Kak aku mau tanya, aku masih kelas 1 sma. Semenjak aku diberitahu sama kakak aku tentang info kuliah managemen aku sedikit tertarik untuk cari info tentang managemen. Aku mau tanya kalau managemen SDM itu fokusnya lebih mempelajari mengenai apa ? Sama kalu mau msuk ke jurusan managemen itu apa yg harus dipersiapakan mulai dari sekarang.
    #makasih kak, mohon dijawab ya ? Karna itu akan berguna untuk saya 🙂

    • kang Rahmat says:

      Saya beritahu kapan yah? Hehe.
      Manajemen Sdm lebih fokus ngurusin terkait manusia dan kinerja. Yang perlu di siapin semangat, kemauan, dan niat yang kuat. . . Untuk mencapai yang diinginkan. Tks

  45. enik says:

    assalamualaikum…. kang,saya skrg kls 3 ipa, saya agak bingung kang.. menurut saya, saya kurang dlm pelajaran b.indo dan b.ing tp ga kurang2 bgt sih kang.. trus kmaren saya prnh ngejabat ketos dan aktif di eskul bahasa inggris.. skrg masalahnya saya agak bingung nentuin jurusan yg cocok buat saya.. sya tertarik sm manajemen, tp saya takut ngga bisa soalnya manajemen menurut saya adalah hal yang baru, itu menurut akang gmn ya ? trus akang ada saran jurusan apa yg mesti saya ambil ? mksh

  46. Ilman Armansyah says:

    Assalamualaikum.. Sangat kagum sama tulisan ini, di post tahun 2011 tapi masih aktif untuk membalas komentarnya sampai sekarang. Isi dari post ini pun sangat bermanfaat 🙂
    Semoga komentar saya dibalas cepat ya sama Akang hehehe..
    Kang, saya mau tanya. Di Prodi S1 Manajemen IPB kan ada empat konsentrasi keilmuan (keuangan, SDM, pemasaran, sama produksi-operasi). Naah konsentrasi itu dipilih pas tingkat 4 berdasarkan apa kak? Minat? Nilai? Minat dan nilai? Atau apa?
    Terus jika ingin melihat kurikulum lengkap Prodi S1 Manajemen IPB dimana ya kak? Saya mencari namun tidak dapat menemukannya, di web http://www.manajemen.fem.ipb.ac.id/ tak ada.

    • kang Rahmat says:

      Wlkumsalam, terima kasih udah berkunjung Iklan.
      Biasanya dasarnya minat dari masing2 mahasiswa, setelah itu baru nanti di assesment sama dosen kelayakan nya. Jadi nanti hasil assesment dosen itulah yang menjadi konsentrasi terpilihnya.
      Kalo kurikulum lengkap Prodi S1, biasanya ada di Buku tebal yang di bagian ke mahasiswa pas selesai tahun pertama. Jadi bersifat intern kampus. Kalo softcopy nya sejauh ini sih saya belum tau ada atau gak.
      Semoga menjawab yah. Tks

      • dpsagesva says:

        Ass.wr.wb.
        Slm knl mas..
        Saya mau nanya
        Kalo ijazah paket c apakah bisa masuk jurusan ini?
        Target kerja yg paling mndasar dlm bidang jurusan ini apa?
        Apa perberdaan kuliah reguler dan non reguler? Bagusan mana?
        Pelajaran apa yg paling penting di kuasai dlm mengambil jurusan ini?

        Mohon jwbn ny mas..
        Terimakasih sblmnya

        • kang Rahmat says:

          waalaikumsalam,
          salam kenal juga. . .
          kalo ijazah paket C di jurusan Manajemen IPB kayaknya gak bisa mba. . .
          kalo jurusan Manajemen kampus lain coba deh di cek websitenya.
          Target kerja paling mendasar menjadi pegawai di swasta,paling tingginya adalah berwirausaha.
          kalo kuliah reguler itu kuliahnya jam umum.
          kalo non reguler itu biasanya waktunya tidak terikat. bisa sambil kerja.
          dalam mengambil jurusan ini pelajaran yang paling penting dikuasai adalah eksakta dan sosial.
          Semoga menjawab. Tkas

  47. younchan says:

    Kak, kan katanya jurusan S1 management di IPB di prioritaskan untuk anak ipa. Knapa yg diprioritaskan anak ipa kak? Apa mata pelajaran perkuliahannya berhubungan dengan pertanian atau ilmu ipa lain? Terimas kasih sebelumnya

  48. amanatrosul says:

    ass.kak rahmat gini kak saya mau nanya ni saya bingung saya jurusan ipa apa kah menurut kak rahmat jurusan manejemen tu bagus atau tidak & arahnya kemna aja perkantoran saja apa semuanya terimah kasih.

  49. tulus gabriel sinaga says:

    numpang bagi” pengetahuan ya mas.. saya kuliah di jurusan ekonomi manajemen, untuk konsentrasinya saya sih pengennya di MSDM.. nah, untuk matakuliah yang harus saya prioritaskan itu apa saja?? dan untuk karir itu mengarahnya ke bidang apa saja.? mohon bantuannya ya,. trimakasih

    • kang Rahmat says:

      Silahkan mas,…
      kalo MSDM mungkin runtut dari bidang yang cakupan Manajemen secara luas dulu mas. jadi prioritasnya adalah Ilmu Manajemen yang mendasar setelah itu lanjut ke prioritas yang berhubungan langsung dengan MSDM cuman saya lupa mata kuliah-mata kuliah detailnya mas.
      Semoga menjawab ya,

    • kang Rahmat says:

      Silahkan mas,…
      kalo MSDM mungkin runtut dari bidang yang cakupan Manajemen secara luas dulu mas. jadi prioritasnya adalah Ilmu Manajemen yang mendasar setelah itu lanjut ke prioritas yang berhubungan langsung dengan MSDM cuman saya lupa mata kuliah-mata kuliah detailnya mas.
      Semoga menjawab ya,

  50. puteri maheda says:

    Aslamualaikum ka ,maaf mau tanya saya dari smk kesehatan pngen kuliah jurusan manajemen otomatis saya belum tau sedkitpun tentang ilmu menejemen trmakasih mohon d balas 🙂

    • kang Rahmat says:

      waalaikumsalam puteri, SMK kesehatan yah, bisa kok lanjut kuliah jurusan manajemen. Tapi untuk di kampus selain IPB ya, karena kalo di IPB biasanya kebanyakan dari SMA/MA, tapi coba lihat info terbaru di web nya IPB deh kalo mau ngintip jurusan manajemen di IPB. . . semangat buat keinginannya. . .

      • efendi says:

        Asaalamualaikum, saya mau nanya bg kalau nyari kerja di fakultas management ini nyari kerja nya gimana,apa kita yg nyari sendiri??
        Hehe,maklum lah ingin menambah wawasan l

  51. efendi says:

    Asaalamualaikum kak,aku mau nanya kalau kita udah lulus dri fkultas mnajemen,macam mana langsung bisa dapat pekerjaan nya kak,,
    Mkasih sblum nya

  52. efendi says:

    Asaalamualaikum, kak saya mau nanya nyari kerja fkultas management ini gimana,kita yg nyari atau udah ditetapin oleh pihak kampus?

  53. nafisamp says:

    assalamu’alaikum kak,
    kak mau tanya nih aku uda lolos snmptn ipb manajemen juga nah setiap yang tanya aku kuliah dimna gitu aku jawab ipb manajemen gitu pda ragu kyk ga percaya ipb ada manajemen, emg manajemen ipb ga seterkenal itu ya?trus malah ada yang ketawa juga

  54. muhammad hanafi says:

    asalamualaikumkak, salam kenal, saya alhmdulillh udh di terima jalur snmptn jurusan manajemen di UNRI, kak tlong ksi penjelasan tentang jurusan manajemen,hal2 yng harus di miliki bagi calon mahasiswa manajemen.i dan prospek kerjanya ,jurusan manajemen apakah sering presentssi? maklum saya orngny kurng aktf kak, apakah jurusan manajemen bisa jadi pns? dan jika kerja di bank bagian apa biasanya yang pas bagi lulsan manajemen, mhon penjelasannya kak

  55. Cynthia Elvi Kampongsina says:

    Prmisi ka,, maaf mengganggu..
    Mau nanya,, apa jurusan manajemen bisa nggak kerjanya PNS atau bahkan beralih ke dunia politik?

    Soalnya saya lulus di snmptn jrusan manajemen, terus ibu saya gak setuju krna nantinya bakal krja di prusahaan, maunya saya krja jdi PNS atw d dunia politik…
    Gmna ka?

    • kang Rahmat says:

      bisa banget jadi PNS, beberapa teman saya ada yang di kementerian keuangan, kementrian UKM, Kementerian Pariwisata dan mereka PNS, kalo politik pun bisa.
      Namun itu kan kembali lagi ke pilihan dan passion dari kamu sendiri.

  56. Fawwaz Al Aziz says:

    Kakk,saya boleh minta kontak kakak gak? Saya mau tanya tentang bisnis atau management di IPB kak..boleh gakk? Hehe

  57. Fawwaz Al Aziz says:

    Kakk,saya boleh minta kontak kakak gakk? Hehe saya mau tanya tentang bisnis atau management di IPB.. Boleh gak kak?

  58. Intann Ode says:

    Menjadi mahasiswa IPB fakultas ekonomi dan manajemen adalah impian saya sejak 2 tahun lalu setelah lulus sekolah. gagal 2 tahun berturut-turut menjadikan saya putus asa, mungkin saya tidak di takdirkan menjadi mahasiswi disitu. Tiap kali saya dengar atau lihat lambang IPB airmata saya jatuh. Ya allah tahun depan batas ijazah saya untuk tes lagi, mudh2an tahun depan bisa lolos amin.

  59. mumus says:

    hai ka nama saya mumus, saya kuliah di Universitas Tirtayasa serang-banten, saat ini saya semester 3 dan sebentar lagi saya harus memilih konsentrasi apa yang akan saya ambil di semester 4 nanti, saya masih bingung mau ngambil apa, soalnya banyak yang saya pertimbangkan salah satunya posisi jabatan atau karir, saya minta bantuan kaka sebagai senior yang udah duluan lengser dari bangku kuliah kan pastinya udah banyak pengalaman diluar teori yang ada di kampus hehehe, saya pengen tau kalo misalkan ini mah saya ambilnya konsentrasi MSDM nanti kalo saya kerja tingkatan jabatan yang dapat saya tempati kalo sesuai sama konsentrasinya itu apa aja ka? mohon di jawab ya

    • kang Rahmat says:

      hai juga mumus, kalo untuk pekerjaan banyak faktor nantinya yang berpengaruh. namun sebagai fakta saya punya temen dia dulu ambil jurusan MSDM sekarang kerja di kementerian tenaga kerja. namun saran saya kalo menentukan konsentrasi ya ambil yang kamunya punya passion disana ya. jadi ngejalaninya juga semangat.

  60. kartika fitriyana says:

    kak mau nanya. kan aku rencana masuk IPB dan insyaallah jurusan manajemen. di IPB kan ada 3 pilihan manajemen. ada yg manajemen aja, manajemen sumberdaya lahan sama manajemen sumberdaya perairan. prospek kerjanya bagusan yang mana?

    • kang Rahmat says:

      kalau kamu ambil manajemen, berarti jurusan manajemen ekonomi. Nah kalo kamu mau jurusan sumber daya lahan itu ada di fakultas pertanian. kalo manajemen sumberdaya perikanan itu ada di fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Saran aku sih kamu coba cari cari info semua jurusan tersebut terus kamu lihat minat kamu dimana. kalau untuk prospek insya Allah semuanya memiliki prospek, cuman mana yang bikin kamu nyaman dan kamu perjuangan tentu nanti hasilnya akan kerasa banget bedanya.

  61. jenny says:

    Asalamualaikum…
    Kak saya mau tanyak saya di smk jurusan perkantoran saya mau lanjut kuliah ambil D3 .. saya ingin saran dari kakak .. jurusan apa yang pantas untuk tamatan smk perkantoran kak ??

    • kang Rahmat says:

      Waalaikumsalam, . . untuk tamatan perkantoran hmm. . .apa yah? coba kembalikan lagi ke cita-cita dan visi hidup kamu apa. kalo saran saya pilih yang menurut kamu jurusan itu akan menumbuhkembangkan kamu di masa depan. dan jawabannya ada di kamu yang ngejalaninya :). semoga menjawab ya Jenny. Thank you

  62. asan says:

    assalamualaikum ka, saya dari jurusan manajemen mau pinda ke jurusan peternakan apakah saya harus membayar uang pembangunan lagi ya???

  63. nasya says:

    Assalamualaikum ka, saya mau brtanya, apakah prodi agribisnis ipb dapat dipilih oleh siswa jurusan ipa ? apakah benar lebih memprioritaskan anak ipa?

  64. zahrana says:

    kak maaf kalau mau ikut UTM ipb tahun 2017 ngambil manajemen itu susah yah kakakk???
    harus isi soal berapa ya kak?
    kebayang kak yg daftar banyak yg keterima 9 orang….uang daftarnya mahal…..uh jadi makin minder kak….mf banyak nanya

    • kang Rahmat says:

      duh kalo susah atau gampang itu tergantung yah. secara teknis saya kurang paham karena gak pernah juga nyobain UTM hehe . . semangat berjuangnya kalo seperti itu yang keterima 9 orang, hehe. untuk info lengkap ujian talenta masuk ipb (UTM) IPB bisa dilihat di website resminya ipb yak. http://admisi.ipb.ac.id/p/single/utm . semoga membantu dan menjawab ya. – kang Rahmat

  65. Lilis says:

    Assalamualaikum,salam kenal kk,sy lilis,sya baru tamat Ma tahun ini,saya sdah daftar jurusan manajemen,yang ingin sya tanyakan lulus dari jurusan ini bisa kerja di bank kan kk,? nggak harus jdi manejer atw yg lain ny,mohon bntuannya kk ^-^

    • kang Rahmat says:

      waalaikumsalam lilis. . banyak kesempatan kok setelah lulus dari jurusan manajemen ini. yah salah satunya pilihan untuk bekerja di bank.. dan itu bisa. semoga menjawab. theng kiyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *