Mari Sambut tahun 2017 dengan Sektor Ekonomi yang makin bersinar di Indonesia.

Saat ini adalah detik-detik menutup tahun 2016 Masehi Sob, hayo pada dimana nih menyambut Tanggal 1 tahun 2017 nya? Kalo kang Rahmat sih di Ka Er Ce Be De aja nih bersih bersih sarang laba laba diblog ini.

Ngomong-ngomong tentang tahun 2017 yang sebentar lagi bakalan kita hadapai bahkan dalam hitungan menit, Kang Rahmat jadi teringat bacaan di Investor Daily pada minggu ke II Desember tahun 2016 disana ada hal menarik yang membuat kang Rahmat sejenak sampai saat ini pun masih Kepikiran. Walaupun tidur mah tetep nyenyak juga sih. Nah, kalo misalnya sobat baca tulisan itu, bacaan menariknya adalah mengenai di tahun 2017 itu sektor ekonomi apa sih yang akan makin bersinar.

Intisari dari bacaan tersebut mengungkapkan bahwa di tahun 2017 Sektor jasa yang diperkirakan paling strategis dan prospektif adalah Sektor Pariwisata dan Travel, Sektor Kesehatan dan Sektor Perdagangan Elektronik (e-commerce). Selanjutnya agar maksimal berkembang, tentu sektor tersebut tidak terlepas dari faktor pendukung didalamnya. Faktor pendukung tersebut antara lain: (1) Pembangungan Infrastruktur Pendukung.; dan (2) Intensifikasi Digital untuk efisiensi dan kenyamanan bagi konsumen. Faktor pendukung juga sejatinya tidak bisa mengabaikan ekosistem pendukung inovasi dalam pengembangannya antara lain Talent, Akses Modal, dan Partnership.

Nah Pada Catetan kang Rahmat kali ini, kang Rahmat mencatat bahwa Primadona Sektor Ekonomi yang makin bersinar di tahun 2017 ada 3 (tiga) hal, yaitu:

  1. Sektor Pariwisata dan Travel. Sektor ini adalah Sektor Primadona yang diprediksi memiliki pertumbuhan tertinggi di tahun 2017. Hal ini didukung oleh Kontribusi sektor ini yang mencapai 9,6% terhadap PDB dan 8,7% terhadap penyerapan tenaga kerja  (2016). Jika dibandingkan dengan negara tetangga di Asean, Kontribusi jasa pariwisata dan travel indonesia masih relatif lebih rendah. Tapi sebenernya pemerintah pun tidak tinggal diam. Jika kita menilik lebih dalam ternyata pemerintah juga telah berusaha menghidupkan sektor ini terutama dengan adanya program 10 Destinasi pariwisata yang dicanangkan kementerian Pariwisata. Sehingga diharapkan sektor ini dapat membuka banyak lagi peluang Investasi Penciptaan Lapangan kerja baru juga penambahan kontribusi bagi PDB Indonesia. Yang barang tentu juga akan meningkatkan indikator kebahagiaan masyarakat.
  2. Jasa Kesehatan. Anyway jasa ini sedang hangat-hangatnya digalakan pada tahun 2016 dan barang tentu 2017 pun tidak akan kalah  hangatnya. Nah Sob, kita juga bisa melihat loh, sekarang ini kesehatan sedang disoroti oleh pemerintah. Apagi memang banyak kebijakan pemerintah yang menyangkiut beberapa jaminan kesehatan nasional. Program BPJS kesehatan misalnya, program ini secara langsung menjadi pemicu sektor ini yang barang tentu mempengaruhi semua lini dibawah dan sisi kanan kirinya.
  3. Sektor Pengadaan Elektronik (E-Commerce). Pada tau kan ini sektor bergerak dibidang jasa apa? Yup betul sekali sob sektor “ONLINE”, sektor ini di tahun 2017 diprediksi bakalan makin bersinar nih. Bahkan belakangan kita pun mulai bisa melihat industri E-Commerce ini sudah mendominasi beberapa aktivitas kita. Bahkan E-commerce sudah mulai tumbuh dan beberapa diantaranya sudah iklan via media Televisi. Kenapa sektor ini bisa kinclong di Tahun 2017 sih kang? Usut punya usut jawabannya tak lain ya memang karena ada potensi dan pangsa pasar yang besar yang terus tumbuh di sektor ini apalagi potensi di negara kita Indonesia.

Nah dari catetan tersebut mungkin kita perlu ancang-ancang juga dan tidak bisa memandang sebelah mata sektor sektor tersebut Sob, Lantas seperti apakah kita menyiapkan tahun 2017? realita yang akan terjadi di lapangannya tahun 2017? Hanya Tuhan yang tahu jawabannya. Kalo kita sih masyarakat Indonesia hanya bisa berjuang, kerja! kerja! dan kerja!

Akhirnya sebentar lagi mau tahun baru 2017,

Selamat untuk kita semua, mari menyambut 2017 dengan pembelajaran, perjuangan dan penuh dengan kebahagiaan.

Cag ah, kang Rahmat.

kang Rahmat

<p>Start up – Entrepreneur. Moeslim, 28Yo. Indonesian.</p>

5 thoughts on “Mari Sambut tahun 2017 dengan Sektor Ekonomi yang makin bersinar di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *